Tim Forensik Mulai Gali Kuburan Massal Korban ISIS – Ambon Ekspres
Internasional

Tim Forensik Mulai Gali Kuburan Massal Korban ISIS

TIKRIT, AE.—Tim Forensik Irak mulai mengevakuasi mayat-mayat yang dikubur di kuburan massal Kota Tikirit. Mayat tersebut diyakini sebagai tentara Irak yang dieksekusi oleh kelompok militan ISIS.

“Kami akan menggali kuburan massal pada hari ini, hingga kini kami telah mengevakuasi 20 mayat,” ujar Kepala Tim Forensik Irak, Khalid al-Atbi, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (7/4/2015).
“Ini sungguh menyayat hati melihat mayat itu dikubur di sana,” tambahnya.

Kuburan massal itu diperkirakan berisi sedikitnya 1.700 mayat tentara yang dieksekusi oleh ISIS. Kemungkinan ada 12 kuburan massal yang tersebar di beberapa titik di Kota Tikrit.
Di dalam kompleks, mereka dipisahkan menjadi kelompok-kelompok kecil, dieksekusi dan dikebumikan di kuburan-kuburan massal, yang kini sedang digali.

Pembantaian Camp Speicher adalah kejadian terbesar yang dilaporkan di mana ISIS menangkap lebih dari 1.000 orang prajurit yang melarikan diri dari Camp Speicher dan mengeksekusi sedikitnya 800 orang.
Sampai saat ini masih belum jelas kenapa para tentara itu meninggalkan Camp Speicher.

Keluarga para korban menyatakan, para tentara Irak itu menerima perintah dari komandannya untuk meninggalkan markas dan bergerak menuju ke Baghdad.Pernyataan ini dibantah oleh para komandan militer dan Kementerian Pertahanan Irak dan menyatakan seluruh tentara yang meninggalkan Camp Speicher adalah tentara yang desersi. (ful)

Most Popular

To Top