28.162 Siswa SMA Sederajat Siap Tempuh UN – Ambon Ekspres
Pendidikan

28.162 Siswa SMA Sederajat Siap Tempuh UN

Gubernur Buka Sampul di SMAN 1, Wagub di SMK 1

Untuk tahun ini sebanyak 28.162 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat di Maluku siap untuk mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN), yang akan berlangsung pada Senin (13/4). Demikian hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Maluku Saleh Thio.

Menurutnya, untuk pembukaan sampul UN sekira pukul 07.00 Wit secara resmi akan dibuka oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff di SMA Negeri 1 Ambon. Sedangkan Wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua di SMK Negeri 1 Ambon, dan Sekda Maluku Ros Far-Far di SMA Xaverius Ambon.

Dari 28.162 siswa SMA Sederajat di Maluku yang mengikuti pelaksanaan UN itu terdiri dari jenjang pendidikan SMA/MA sebanyak 21.961 siswa dan SMK sebanyak 4.891 siswa.
Sementara penyaluran distribusi naskah UN, untuk 10 kabupaten/kota di Maluku Maluku Tengah (Malteng), Buru, Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Kota Tual, Maluku Tenggara (Malra), Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru,  sudah disalurkan dengan pengawalan ketat aparat keamanan dan saat ini berada di kabupaten/kota masing-masing,

‘’Kecuali untuk Kota Ambon H-2 baru disalurkan naskah UN ke Dinas Pendidikan Kota Ambon untuk selanjutnya diserahkan ke sekolah masing-masing yang ada. Jadi, untuk naskah UN tidak ada hambatan yang dihadapi, karena langsung dikawal ketat oleh aparat kepolisian, dan sekarang ini sudah disalurkan ke kabupaten/kota masing-masing,”ungkapnya.

Ketua Panitia UN Melkias Lohy, menambahkan proses pemandaian ujian nasional untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK akan dilakukan di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Olehnya itu, kiranya, pelaksanaan UN tahun ini dapat berjalan aman, lancar dan tidak ada kendala yang signifikan. Apalagi, hasil kelulusan UN tahun ini tidak lagi ditentukan oleh pusat, namun dikembalikan ke satuan pendidikan (sekolah) masing-masing.

”Harapan saya, agar pelaksanaan UN tahun ini jujur dan berprestasi, sehingga berdampak positif bagi kualitas UN itu sendiri dan kiranya hasilnya dapat memuaskan orangtua,”tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top