Perlu Sosialisasi Alasan Pemindahan Lahan Peti Kemas – Ambon Ekspres
Amboina

Perlu Sosialisasi Alasan Pemindahan Lahan Peti Kemas

AMBON, AE.—Rencana pemindahan lahan peti kemas dari Pelabuhan Yos Sudarso ke Batu Gong-Passo perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Untuk itu, DPRD Kota Ambon akan segera mengundang Dishub, Bapeda dan PT Pelindo untuk duduk bersama dan meminta penjelasan rencana pemindahan lahan tersebut.

“Prinsipnya, kita DPRD Ambon mendukung sepanjang perencanaan ini bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap Pemkot Ambon harus menyampaikan kepada kita  di DPRD dan masyarakat Kota Ambon tentang alasan pemindahan tersebut.

Apakah memang sudah melalui kajian yang mendalam dari sisi ekonomi atau dari sisi transportasi ?” ungkap wakil ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono kepada Ambon Ekspres di ruanganya, Rabu (8/4).

Dikatakan, Pemkot Ambon mungkin memiliki alasan tertentu untuk dijelaskan secara baik tentang alasan pemindahan yang rasional dan memiliki sebuah kriteria. Tetapi perlu didudukan bersama dengan melibatkan DPRD Ambon sebagai mitra kerja untuk dikaji bersama demi kepentingan banyak orang.

“Kita perlu membahas bersama. Karena ini menyangkut kepentingan banyak orang. Ada kepentingan buruh, kepentingan masyarakat dan kepentingan ekonomi. Jadi jika kepentingan ini bermanfaat bagi Kota Ambon dan masyarakat. Namun perlu dilakukan kajian yang lebih dalam sebelum bertindak lebih jauh,” pesan sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon ini.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Ambon, Rofik Akbar Afifudin menegaskan, akan segera mengkonfirmasikan terkait perencanaan pemindahan pelabuhan peti kemas tersebut. Dia mengaku, pihaknya akan mengundang dishub, bappeda dan PT Pelindo untuk membahas bersama terkait masalah ini. Menurut dia, proses pemindahan pelabuhan peti kemas harus dilakukan pengkajian yang lebih dalam lagi. Karena tidak seenaknya memindahkan tanpa memperhitungkan segala efek yang terjadi jika telah dilakukan pemindahan.

‘’Butuh butuh sosialisasi dari pemerintah dengan melibatkan para buruh maupun pihak lain yang memiliki kepentingan didalamnya. Sehingga Pemkot bisa mengklarifikasi perencanaan pemindahan peti kemas. Karena sebelumnya sudah ada pembebasan atau perluasan lahan ke areal Pasar Lama Ambon,’’ terang dia. (ISL)

Most Popular

To Top