Siapkan Petugas Khusus Pendataan Keluarga Miskin – Ambon Ekspres
Amboina

Siapkan Petugas Khusus Pendataan Keluarga Miskin

Untuk mendalami masalah kependudukan secara baik diperlukan suatu pendekatan teknis tentang pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu demografi. Karena itu perlu disiapkan tenaga khusus  yang menangani pendataan masyarakat miskin di kota ini.

Demikian diungkapkan Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Anthony Gustav Latuheru disela-sela pelatihan petugas pendataan keluarga dan keluarga miskin kota Ambon tahun 2015 di aula BKKBN Provinsi Maluku, Rabu (8/4)
Ia mengatakan, perkembangan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang sangat pesat berbarengan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Selain itu, lanjut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ambon telah terjadi kecenderungan pengurangan jumlah penduduk tahun 2013, penduduk miskin Kota Ambon berjumlah 16.900 jiwa atau 4,42%   dibandingkan dengan tahun 2011 yang jumlah penduduk miskin mencapai 23.400 jiwa atau 6,83% dan Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Kota Ambon menunjukan angka menggembirakan.

“Pada tahun 2013 IPM Kota Ambon berada pada angka 79,58% yang menempati peringkat pertama Kabupaten/Kota di Maluku dan mnempati peringkat ketujuh Kabupaten/Kota secara nasiolanl,’’ ujarnya.

Menurut dia, data dan informasi yang akurat tentang keluarga dan keberadaannya sangat dibutuhkan untuk digunakan sebagai data base dalam perencanaan, sehingga intervensi program atau kegiatan bagi pembangunan kualitas penduduk tepat sasaran dan tepat guna.

“Pentingnya data dan informasi hasil pendataan yang dilakukan sangat diperlukan dalam proses perencaan program kegiatan pada tahun- tahun mendatang maka  kepada petugas pendata sebagai tenaga terdepan dalam pelaksanaan kegiatan pendataan nanti agar serius memperhatikan dan mendalami semua materi yang diberikan dan harus mengerti benar kriteria-kriteria dan variabel-variabel demografi yang dipakai untuk mengukur keberadaan kualitas penduduk dan keluarga yang ada di kota Ambon,’’ terangnya.

Dia menyambut baik kegiatan pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas pendata sehingga data dan informasi yang akan diperoleh lebih akurat, tepat dan dapat dipercaya.
“Peningkatan kemampuan dan ketrampilan sangat baik untuk memperoleh data-data yang akurat tentang keluarga,’’ tandasnya (PRO2)

Most Popular

To Top