Hamzah Ditunjuk Ganti Mantulameten – Ambon Ekspres
Trending

Hamzah Ditunjuk Ganti Mantulameten

Mantulameten tak Hadiri Rapimnas

AMBON,AE— Perubahan radikal terjadi di struktur kepengurusan sementara DPD Golkar Maluku versi Ancol. Hamzah Sangadji ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD Golkar Maluku menggantikan Paulus Mantulemeten. Keputusan ini diambil setelah Golkar Munas Jakarta mendapatkan Surat Keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai kepengurusan yang sah.

Saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Jumat (10/4) Hamzah menjelaskan, sebelum Menkumham Yassona Laoly mengeluarkan SK Kepengurusan dan komposisi personalia DPP Golkar, DPP telah menerbitkan SK untuk 7 Plt DPD Golkar Provinsi. Salah satunya, Mantulameten. “Namun, karena terjadi perubahan dan penyempurnaan seiring diterbitkannya SK Menkumham dan sesuai Petunjuk Pelaksana (Juklak) DPP, bahwa yang berwenang menjabat Plt adalah pengurus harian DPP minimal ketua DPP dan sekretaris, maka saya ditunjuk oleh DPP Golkar selaku Plt ketua DPD Golkar Maluku,” kata Hamzah.

Meski tidak mendapatkan jabatan Plt, Mantulameten tetap masuk dalam kepengurusan transisi DPD Golkar Maluku selaku ketua harian. Sementara sekretaris masih tetap Umar Lessy. “Untuk DPD Golkar Maluku, saya sebagai ketua dan Umar Lessy sebagai sekretaris dan ketua harian Paulus Mantulemeten. Dan ada sejumlah wakil-walil ketua dan sekretaris dan bendahara dan anggota pleno yang telah direkonstruksi. SK DPP terkait Plt baru ini telah dikeluarkan seminggu lalu,”ungkapnya.

Selain SK Plt DPD I dan DPD II, lanjut dia, pengurus DPP juga mengusulkan perombakan struktur secara menyeluruh, karena telah habis masa jabatan. “Di dalam ketentuan organisasi, memang Plt hanya untuk ketua dan sekretaris. Tapi karena semua kepengurusan sudah habis masa jabatan, maka diusulkan perombakan menyeluruh terhadap struktur partai. Hari Senin ini kami lakukan rapat perdana yakni antara Plt dan seluruh komposisi DPD Golkar Maluku untuk menyampaikan hasil keputusan DPP Golkar melalui Menkumham dan sekaligus mengambil langkah-langkah organisasi. Kemudian memberikan wejangan kepada kepengurusan baru,” paparnya.

Selain itu, juga mendorong DPD II untuk membuka pendaftaran Pilkada di kabupaten Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan. DPD Maluku akan menyampaikan hasil keputusan DPP Golkar ke Gubernur Maluku, Kapolda, Pangdam XVI/ Pattimura, kejaksaan, KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku. “Karena edaran yang nanti disampaikan KPU pusat soal kepengurusan Golkar yang berhak mengikuti Pilkada itu adalah kubu Agung Laksono yang telah disahkan Menkum dan HAM,” jelas mantan salah satu wakil ketua DPP Golkar ini.

Disinggung soal putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, mantan anggota DPR RI dapil Maluku ini menegaskan, tidak berpengaruh terhadap regulasi dan kerja internal partai Golkar.

“Jadi hal-hal yang menyangkut tata negara itu tidak boleh. Tapi hal-hal yang terkait dengan regulasi organisasi dan tugas internal partai, baik Musda, Pilkada dan konsolidasi organisasi serta alat kelengkapan DPR/DPRD tetap jalan,”kuncinya.
Sempat Blunder

Sementara itu, Rapat Pimpinan Nasional DPP Golkar yang dipimpin Agung Laksono Rabu (8/4) ternyata dibuat blunder oleh delegasi DPD I Maluku. Betapa tidak, delegasi Maluku ternyata tidak dihadiri oleh Plt Ketua DPD I Maluku, Paulus Mantulameten. Ketidakhadrian Mantulameten ternyata dipertanyakan oleh forum. Bahkan salah satu Wakil Ketua DPP Priyo Budisantoso mempertanyakan ketidakadilan pengurus Maluku dengan suara keras soal ketidakhadiran Mantulameten yang hanya diwakili Sekretaris Umar Lessy, Bendahara serta fungsionaris lainnya. Delegasi ini pun dinilai tidak jelas. “Delegasi Maluku yang mengikuti Rapimnas Golkar I di Markas Partai Golkar di Slipi tersebut, ternyata kurang jelas karena SK PLT (Pelaksana Tugas) Golkar Maluku tidak disosialisasikan oleh Hamzah Sangadji selaku salah satu Wakil ketua asal Maluku. Karena itu kepesertaan Maluku menjadi simpang siur. Ini yang menjadikan alasan sehingga blunder,” tandas sumber koran ini, kemarin.

Sumber lainnya menyebutkan kalau Mantulameten yang selama ini ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Golkar Maluku ternyata disupport habis-habisan oleh Koordinator Wilayah Maluku “Hamzah Sangaji”.

“Ini pula yang menimbulkan blunder tersendiri bagi Ketua Umum beserta Jajaran lainnya karena struktur PLT Golkar Maluku ini sempat dipertanyakan di Forum Rapimnas Golkar I di markas DPP Partai Golkar karena hingga saat berlangsungnya Munas tersebut SK PLT Golkar Maluku belum diedarkan karena masih disimpan sendiri oleh sang Korwil Hamzah Sangaji, sehingga hal tersebut menimbulkan tanda tanya besar bagi para Kader Golkar asal Maluku yang menghadiri acara penting bagi Konsolidasi Golkar ini,” tandasnya.(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!