Hari Ini, 6 Calon Anggota Panwaslu SBT Diuji – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Hari Ini, 6 Calon Anggota Panwaslu SBT Diuji

AMBON,AE—Bawaslu Maluku mengagendakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap enam calon anggota Panwaslu Seram Bagian Timur, Sabtu hari ini. Ujian tersebut untuk menentukan tiga calon yang akan  ditetapkan sebagai komisioner.

Calon Panwaslu SBT yang akan diuji, yakni  Muhammad Saleh Tianotak, Irmawaty Derlen, Ismail Kilwalaga, Muhammad Basri Keliwawa, Kapitan Kelibai, dan Muhammad Kasim Rumakey.  “Jadi besok (hari ini) , 6 calon anggota Panwaslu SBT akan mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan). Sementara untuk calon anggota Panwaslu Aru akan dilaksanakan tanggal 14 April atau hari Selasa,”ujar ketua Bawaslu Maluku Fadli Silawane kepada Ambon di kantor Bawaslu, Kamis (9/4).

Calon anggota panwaslu Aru yang akan diuji, yakni Demianus Labok, Yordan Boro Bahy, Nootje P. Tomasila, Mokzeng Sinamur, Octovianus Kesaulya dan Baco Djabumona.

Fadli menguraikan, yang akan diuji dari calon anggota Panwaslu adalah pengetahuan mereka tentang Undang-Undang dan penyelenggaraan pemilu, pengawasan, pemahaman terhadap politik lokal. Bawaslu juga tetap akan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait keenam calon sebelum penetapan. “Dan yang paling penting adalah penilaian terhadap aspek integritas, profesionalitas dan netralitas. Pemahaman terhadap dinamika politik lokal yang penting, agar mereka tidak buta di wilayah kerja mereka itu,”paparnya.

Fadli menambahkan, tiga orang yang terpilih segera dilantik agar dapat secepatnya bekerja. Pasalnya sesuai instruksi Bawaslu, seluruh Panwaslu di Indonesia harus selesai dilantik medio April.
Di Maluku terdapat empat Panwaslu kabupaten yang akan mengawasi pelalksaan Pilkada di daerah masing-masing, yakni Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan.

“Jadi intinya, dalam bulan April ini Panwaslu empat kabupaten dilantik untuk melaksanakan dan mengawasi Pilkada serentak 2015. Dan ini bukan saja di Maluku, tetapi seluruh daerah di Indonesia yang dipastikan April,”sebut akademisi fisipol Universitas Pattimura ini.

Dikatakan, uji kelayakan dan kepatutan tak bisa dilaksanakan serentak untuk empat kabupaten, karena representasi komisioner Bawaslu yang secara kolektif berada di satu daerah untuk melaksanakan tugas tersebut. “Setelah kedua kabupaten ini, baru dilanjutkan dengan Maluku Barat Daya dan Buru Selatan,”kuncinya.(TAB)

Most Popular

To Top