Pembangunan Dermaga Waesama Tahun Ini Direalisasi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pembangunan Dermaga Waesama Tahun Ini Direalisasi

Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Perhubungan sudah menjanjikan tahun ini akan dibangun dermaga di Kecamatan Waesama. Dermaga ini untuk memudahkan aktifitas perhubungan barang dan manusia dari dan ke daerah itu.

Sejauh ini Kecamatan Waesama belum memiliki dermaga. Kapal-kapal seperti KMP Tanjung Kabat maupun kapal penumpang dan barang kesulitan melakukan bongkar muat. Apalagi saat musim gelombang laut besar.
Rencana pembangunan dermaga ini sudah disampaikan kepada pemerintah kabupaten.

“Jadi dalam  waktu dekat akan dibangun dermaga yang panjangnyya 60 meter dan lebar  8 meter di Kecamatan Waesama,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru Selatan Siradjan Toumnusa di  ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Ia mengaku, pembangunan dermaga di Kecamatan Waesama ini sangat penting dilakukan. Mengingat selama ini masyarakat di kecamatan Waesama sangat  kesulitan sarana transportasi laut yang memadai, akibat kapal-kapal enggan masuk di wilayah itu karena belum ada dermaga.

“Mereka selama ini hanya mengandalkan KMP Tanjung Kabat yang merapat di pantai Desa Wamsisi. Itupun kalau kondisi cuaca dan laut tidak bergelombang.  Sebaliknya, bila kondisi laut tidak bersahabat atau ekstrim, maka KMP Tanjung Kabat tidak bisa melakukan bongkar muat di desa tersebut,” akuinya.

Olehnya itu, pihaknya telah menemui Kementerian Perhubungan di Jakarta dan telah  mendapatkan respons positif, dan tahun ini pembangunan akan dimulai. “Dermaga ini  rencananya akan disinggahi kapal-kapal berukuran besar  termasuk kapal milik PT. Pelni, sehingga masyarakat yang ada di wilayah itu tidak lagi kesulitan akan sarana transportasi, terutama transportasi laut,” ujarnya.
Ia berharap kepada masyarakat Waesama untuk mendukung rencana pembangunan dermaga tersebut terutama soal dukungan lahan. “Saya berharap masyarakat di Kecamatan Waesama dapat merespons dengan baik rencana pembangunan dermaga ini, terutama dalam hal penyediaan lahan,” harapnya.

Pasalnya, lanjut dia, terkadang masalah lahan menjadi kendala utama dalam proses pembangunan termasuk pembangunan dermaga. “Ini yang harus menjadi perhatian dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Bursel, terutama di Kecamatan Waesama, sehingga rencana pembangunan dermaga di Kecamatan Waesama bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” pintanya. (ESI)

Most Popular

To Top