Penyuluh Agama Siap Sosialisasi Mangente Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Penyuluh Agama Siap Sosialisasi Mangente Ambon

AMBON, AE.—Kepala Kantor Kemeterian Agama (Kemenag) Kota Ambon H Hanapi Kasim menginstruksikan kepada seluruh tenaga penyuluh agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu dilingkupnya  agar menyampaikan pesan Mangente Ambon lewat mimbar  khotbah, ceramah  hingga ke lingkungan masyarakat. Pasalnya, masyarakat  sangat membutuhkan informasi tentang program ini.

Hal tersebut disampaikan Kasim kepada Ambon Ekspres di Balaikota, Kamis (9/4). Menurut dia, Pemkot Ambon memprogramkan kegiatan Mangente Ambon semata untuk menyatukan persepsi keumatan di kota ini. Selama konflik horisontal puluhan tahun silam, masih tersirat  luka  perlu diobati.  Maluku  khususnya di Ambon, masyarakat mulai sadar meskipun masih terlihat  blok-blok  saling menjatuhkan akibat merebut jabatan.

“Hal itu  biasa ketika berlawan politik, namun tetap rukun membangun Maluku yakni Ambon Manise,” terang dia.
Kasim sikilas  menyentuh  sejarah  kota ini belasan tahun lalu, kota ini diuji oleh pemimpin yang kuat dan bijaksana untuk memulihkan agar kota ini menjadi aman, nyaman dan damai.  Gejolak itu, kata dia, membutuhkan pemimpin ditengah-tengah masyarakat untuk menyatukan persepsi keuamatan.

Syukur kata dia, itikad baik terlahir dari Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon MAS Latuconsina untuk membenahi kota  ini. “Saya melihat Mangente Ambon bukan program tetapi ada pesan filosofi untuk umat agar melepaskan hati, rindu dan kangen semata hanya untuk membangun kota ini.

Banyak kegiatan terselenggara misalnya MTQ tingkat Nasional, pesparawi tingkat provinsi, semata untuk kepentingan umat agar saling bergandengan tangan membangun Maluku  khususnya Kota Ambon,” katanya.
Hanapi berpendapat,  Mangente Ambon perlu juga disosialisasikan kepada masyarakat lewat penyuluh walaupun

Pemkot Ambon  telah  sosialisasikan  ke masing-masing kecamatan. ‘’Di Kemenag Kota Ambon, seluruh penyuluh agama dilibatkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui dan  mendengar  informasi terkait  program Mangente Ambon,’’ tandas dia.

Dikatakan, Mangente Ambon  bisa menyatukan masyarakat, baik di dalam maupun diluar Maluku. ‘’Intinya Mangente  Ambon menjadi sebuah nilai filosofi untuk menyatukan paradigma keumatan orang basudara di Maluku,” pungkasnya. (AID)

Most Popular

To Top