Senin, UN SMA Sederajat Digelar – Ambon Ekspres
GMGM

Senin, UN SMA Sederajat Digelar

Thio Harap : Tahun Ini, Hasil Kelulusan UN Berkualitas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, Saleh Thio mengharapkan, agar tahun ini hasil kelulusan UN di Provinsi Maluku berkualitas. Sampai hari ini (kemarin) seluruh kabupaten/kota yang ada di Maluku telah menerima naskah ujian dan siap mengikuti hajatan nasional yaitu pelaksanaan UN.

‘’Maluku siap melaksanakan Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan SMA dan sederajat pada Senin (13/4) mendatang,’’ tandas Thio saat memberikan keterangan pers kemarin. Turut hadir, Sekretaris Dikbud Provinsi Hadi Sulaiman, Ketua Panitia UN Melky Lohy, dan Sekretaris UN Nus Kesaulija.

Menyangkut naskah ujian dan lembaran jawaban, kata Thio, seandainya mengalami kekurangan, telah disikapi dengan melakukan koordinasi antara pihak sekolah untuk diteruskan ke kabupaten/kota. ‘’Kami akan mengambil jalan keluar alternatif untuk tidak menghambat para siswa dalam menjalankan pelaksanaan UN,’’ katanya.

Untuk pelaksanaan UN, dia mengulas, tetap ada pengawas yang disiapkan masing-masing dari kabupaten/kota maupun pihak Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sebanyak dua orang. Dengan demikian, dia berharap, UN SMA Sederajat yang akan berlangsung di Provinsi Maluku ini dapat menghasilkan kelulusan 100 persen dari setiap sekolah, dengan nilai yang baik dan hasilnya benar-benar berkualitas.

Untuk pembukaan sampul UN SMA Sederajat ini sesuai hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yakni Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff akan membuka sampul UN di SMA Negeri 1 Ambon, Wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua di SMK Negeri 1 Ambon, dan Sekda Maluku di SMA Xaverius Ambon.

Sementara jumlah peserta UN SMA Sederajat di Provinsi Maluku sebanyak 28.162 siswa, terdiri dari SMA/MA 21.961 siswa, SMK 4.891 siswa, SMALB 32 siswa, Paket C 1.278 orang. Sedangkan peserta UN SMP Sederajat di Provinsi Maluku sebanyak 36.100 siswa, terdiri dari SMP/MTs 35.263 siswa, SMPLB 92 siswa, dan Paket B 745 orang. Untuk peserta UN SD Sederajat di Provinsi Maluku sebanyak 39.074 siswa, terdiri dari SD/MI 38.836 siswa, SDLB 48 siswa, dan Paket A 190 orang.

Selain itu juga, Thio menghimbau, agar dalam pelaksanaan UN SMA Sederajat di Maluku ini sebagai warga pendidikan, kiranya para siswa yang akan mengikuti UN kali ini dapat mempersiapkan diri dengan baik, dan mampu berkonsentrasi untuk menjawab semua pertanyaan soal-soal ujian itu dengan benar. (PRO1)

Most Popular

To Top