Tidak Ada Uji Coba Nuklir Korut dalam Waktu Dekat – Ambon Ekspres
Internasional

Tidak Ada Uji Coba Nuklir Korut dalam Waktu Dekat

SEOUL, AE.—Korea Utara (Korut) diduga berniat meluncurkan misil-misilnya untuk menciptakan ketegangan di kawasan Semenanjung Korea. Meski begitu, negara pimpinan Kim Jong-un itu tampaknya tidak mempersiapkan diri untuk melakukan uji coba nuklir Korut keempat sejak 2006.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) dan Menhan Korea Selatan (Korsel) pada Jumat 10 April 2015. Pernyataan itu menyusul aksi Korut yang menembakkan dua misil dari pantai barat negara itu untuk menyambut Menhan AS, Ash Carter, yang akan mengunjungi Jepang dan Korsel.“Seperti yang ditunjukkan dengan peluncuran misil baru-baru ini. Korut berniat untuk melanjutkan provokasi,” kata Carter, seperti dikutip Reuters, Jumat (10/4/2015).

Korut menuduh AS membangun kekuatan militer di kawasan Semenanjung Korea sebagai persiapan untuk menyerang negaranya. Pemerintah Korut mengecam segal bentuk latihan militer yang dilakukan AS dan Korsel dengan menyebutnya sebagai persiapan perang.Meski diakui AS bahwa Korut memiliki senjata nuklir yang dapat digunakan untuk menjangkau AS, namun Menhan Korsel, Han Min-koo tidak melihat tanda-tanda Korut akan melakukan uji coba nuklir dan misil jarak jauh dalam waktu dekat.

“Kami belum melihat atau mengonfirmasi tanda-tanda apapun yang menunjukkan adanya uji coba nuklir atau misil jarak jauh dalam waktu dekat. Namun melihat aksi mereka di masa lalu, jika tujuan strategis mereka tidak terpenuhi, selalu ada kemungkinan mereka melakukan provokasi,” kata Menhan Korsel itu.

Uji coba nuklir Korut pertama kali dilakukan pada 2006. Dilanjutkan dengan uji coba nuklir kedua pada 2009, dan terakhir kali mereka melakukannya pada 2013. (hmr)

Most Popular

To Top