KNPI Dorong Penguatan Pemuda – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

KNPI Dorong Penguatan Pemuda

MASOHI, AE.—Bupati Tuasikal Abua membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Komite Nasional Pemuda Indonesia(KNPI) Kabupaten Maluku Tengah tahun 2015. Rakerda ke-I yang mengusung tema “Akselerasi Peran Pemuda Dalam Percepatan Pembangunan Daerah” tersebut berlangsung di Gedung Mae Oku, Kota Masohi, Sabtu,(11/4).

Bupati menandaskan, Rakerda sedianya melahirkan program kerja untuk bersama membangun bumi Pamahanunusa. “Pemimpin bangsa ini lahir dari pemuda, karena itu perlu penguatan peran pemuda menjemput masa depan,” ujarnya ketika membuka Rakerda.

Kata Bupati, pemuda turut andil dalam memberikan kontribusi  terhadap dinamika sosial di tengah masyarakat. Karena itu, Bupati mengajak pemuda mesti menjadi agen teciptanya keharmonisan.”Pemuda agen dengan program yang inovatif, kreatif dan tentu saja sebagai agen pemersatu dalam masyarakat,” ajak bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menargetkan, Malteng di tahun-tahun akan datang lebih maju dan sejahtera. Sejurus dengan itu, Pemkab saat ini fokus pada pembangunan insfrastuktur menata Kota Masohi serta program pemberdayaan masyarakat melalui program Pos Daya di 18 Kecamatan. “Malteng akan lebih maju, saya optimis untuk itu. Saat ini kita terus mengarahkan pembangunan di Kota Masohi dan pembedayaan berkelanjutan di seluruh Kecamatan,” sebut bupati.

Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku, Vecky Peilouw mengingatkan, seluruh fungsionaris DPD hingga Kecamatan terus menunjukan kinerja yang baik. “Kinerja itu yang akan jadi indikator kepercayaan Pemda maupun masyarakat terhadap KNPI,” ingatnya lagi.

Kinerja merupakan langkah menjawab dinamika dualisme internal KNPI saat ini. “Biarlah dinamika itu berlangsung, tapi KNPI harus tunjukan kinerja dengan perbanyak program dan eksen lapangan. Nah, itu yang jadi kepercayaan pemda dan masyarakat,” sahut Peilouw.

Lebih lanjut, Ketua DPD II Syah Alim Latuconsina menandaskan, sebagai wadah pemuda, KNPI memiliki peran strategis membangun daerah dengan melakukan pemetaan wilayah sebagai basis program kerja dan penyatuan persepsi. “17 Kecamatan sebagai wilayah penyelenggaran musyawarah tiga tahun haluan KNPI,” tandasnya.
Dan tahun ini (2015,red) sebagai tahun konsolidasi gerakan pemuda Malteng yang telah diawali dengan musyawarah yang mencakup hampir seluruh Kecamatan. “Disamping program dan kegiatan yang telah kita laksanakan,” kata Latuconsina.

Kendati begitu, dia mengaku pemuda masih menjadi bagian dari konflik komunal. “Ini yang jadi diskursus kita, olehnya berbagai langkah yang kita lakukan adalah penguatan kapasitan pemuda. Intinya bahwa persoalan pemuda hanya bisa diselesaikan oleh pemuda sendiri,” tutupnya.

Hadir Ketua DPRD Malteng, pimpinan SKPD, Ketua DPD KNPI Maluku, Ketua MPI Maluku, utusan KNPI Kecamatan. “Rakerda yang akan berlangsung selama dua hari itu mengagendakan penyusunan program kerja serta merumuskan program-program kepemudaan diwilayah Malteng setelah Kongres Nasional yang berlangsung di Hotel Grend Cempaka, Jakarta 27-29 Februari 2015 lalu,” tambah Panitia, Sukri Said Abubakar. (CR12)

Most Popular

To Top