Dirjen Bimas Katolik Monitoring UN di Maluku – Ambon Ekspres
GMGM

Dirjen Bimas Katolik Monitoring UN di Maluku

Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI Drs Eusabius Binsasi, kemarin, mengadakan kunjungan ke Provinsi Maluku dalam rangka monitoring pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Disela-sela kegiatan itu, Binsasi berkesempatann bersilaturahim dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Fesal Musaad beserta seluruh stafnya.

Menurutnya, kehadiran dirinya di Kota Ambon Provinsi Maluku tepatnya di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Kota Langgur, untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan UN terhadap salah satu sekolah Khatolik yang sudah dua tahun berturut-turut mengikuti UN yang setara dengan SMA regular.

‘’Peserta ujian ini setelah lulus bisa melanjutkan sekolah pendidikan ke perguruan tinggi selayak sekolah menengah lainnya. Hingga sangat perlu untuk saya selaku Dirjen melihat dari dekat kemampuan para siswa,’’ tandasnya.
Dia menjelaskan, dari 17 sekolah Katolik di Indonesia sampai dengan tahun 2015 hanya baru 5 sekolah yang bisa melaksanakan UN.

‘’Terkait hal ini, kedepan kami akan terus berusaha agar semua sekolah bisa masuk dalam UN demi memperoleh pendidikan yang layak. Selain dari sekolah ini, hak-hak lain dari Bimas Katolik diseluruh Indonesia termasuk Maluku akan mendapat perhatian serius dari saya selaku Dirjen,’’ tegasnya.

Ditambahkan pula, kehadiran dirinya untuk bersilaturahim dengan Kakanwil dan seluruh staf Kanwil Kemenag Provinsi Maluku merupakan hal yang luar biasa, sehingga saling memahami satu dengan yang lain. ‘’Kebersamaan ini adalah rahasia Tuhan yakni dari Timur untuk Indonesia kita semua bangun NKRI,’’ tandasnya.

Sementara itu, Kakanwil mengatakan, dari silaturahim ini diharapkan dapat membawa suatu manfaat menata kembali Kanwil Kemenag Provinsi Maluku kearah yang lebih baik. ‘’Karena pemerintah sangat berharap agar kebersamaan itu terus dibangun, sehingga Maluku benar-benar bisa menjadi laboratorium perdamaian,’’ tukasnya.(PRO1)

Most Popular

To Top