Gubernur Jamin Maluku Tak Kebocoran Soal UN – Ambon Ekspres
Pendidikan

Gubernur Jamin Maluku Tak Kebocoran Soal UN

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, kemarin, saat membuka sampul Ujian Nasional (UN) tepat pukul 07.00 Wit di SMA Negeri 1 Ambon sebagai tanda mulainya pelaksanaan UN untuk 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.
Usai membuka sampul, Assagaf menegaskan tidak ada kebocoran soal UN di daerah seribu pulau ini. ‘’UN ini menjadi tanggungjawab pemerintah, dengan demikian kami menjamin UN di Maluku tidak akan terjadi kebocoran soal dan akan berjalan aman, lancar, sukses, sampai selesai,’’ tandasnya kepada pers.

Dia menegaskan, jauh hari sebelum pelaksanaan UN, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku telah melakukan sosialisasi UN dengan gencar ke 11 kabupaten/kota di Maluku, sementara pada tingkat kabupaten/kota juga menjalankan sosialisasi itu dengan melaksanakan proses pemantapan diseluruh sekolah.

‘’Sehingga tidak ada isu kebocoran soal baik pada hari pertama sampai hari terakhir UN. Dan saya yakin, seluruh siswa di Maluku telah siap melaksanakan UN, hingga tahun UN tidak lagi menjadi momok ketakutan bagi siswa,’’ tandasnya.

Gubernur berharap, 28.162 siswa dari 369 sekolah di Maluku yang tengah menempuh UN, dapat lulus dengan baik dan memiliki prestasi yang memuaskan, agar bisa memasuki semua perguruan tinggi yang ada diseluruh Indonesia. ‘’Apalagi, tahun ini pemprov telah meminta kepada pusat agar siswa di Maluku diberikan kemudahan melalui program affirmasi baik bagi siswa berprestasi maupun siswa tidak mampu sebanyak 100 orang, dengan pembagian sesuai kouta yang ditentukan,’’ tandasnya.

Usai membuka sampul UN di SMA Negeri 1 Ambon Gubernur Maluku didampingi Kadisdikbud Provinsi Maluku Saleh Thio, dan Ketua Panitia UN Melky Lohi, mengunjungi SMA Negeri 13 Ambon yang merupakan sekolah penyelenggara UN terbanyak di Maluku yakni 570 siswa. (PRO1)

Most Popular

To Top