Kadisdikbud Pantau Pelaksanaan UN – Ambon Ekspres
GMGM

Kadisdikbud Pantau Pelaksanaan UN

Usai mendampingi Gubernur Maluku membuka sampul UN di SMA Negeri 1 Ambon, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Maluku Saleh Thio, yang didampingi Ketua Panitia UN Melky Lohi, kemarin, mengunjungi sejumlah sekolah pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Selain SMA Negeri 1 Ambon dengan 230 siswa peserta ujian, Kadis juga mengunjungi SMA Negeri 13 Ambon (570 siswa), SMA Negeri 11 Ambon (542 siswa), SMA Kristen YPKPM Ambon (234 siswa), SMK Negeri 4 Ambon (209 siswa, 1 meninggal dan 1 mutasi), SMK Negeri 7 Ambon (191 siswa), SMA Muhammadiyah Ambon (55 siswa), dan SMA Negeri 12 Ambon dengan 193 siswa peserta UN.

Thio, kepada pers, mengatakan untuk tahun ini UN berbeda dengan tahun-tahun lalu karena penilaiannya ditentukan langsung oleh sekolah penyelenggara, dan seharusnya tahun ini ada pola ujian yang harus dilaksanakan yaitu dengan kertas dan komputer.

‘’Namun, untuk Maluku masih menggunakan pola kertas karena dari hasil evaluasi kita temukan masih banyak kekurangan yang dimiliki sekolah-sekolah antara lain jaringan yang menghambat jalannya UN, para siswa masih belum siap menggunakan komputerisasi, dan juga soal geografis Maluku,’’ ingatnya.
Dia berharap, berbagai kendala yang ada sekarang ini dapat teratasi di tahun depan sekaligus menjawab keinginan dari Pempus dan Pemrov sebagaimana mestinya.

Thio juga berharap, para siswa yang sekarang ini sementara melaksanakan UN ditingkat SMA Sederajat, dapat benar-benar mengerjakan lembaran jawaban dengan baik dan benar sehingga memperoleh hasil yang memuaskan dalam hal ini berkualitas.

Pada setiap sekolah yang dikunjungi, Kadisdikbud beramah tamah dengan para guru maupun pengawas UN dan langsung memantau ruang kelas tempat siswa melaksanakan UN. Pantauan ini, menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 11 Ambon Drs. Hilal Wattiheluw, ini merupakan suatu nilai tambah yang diperlihatkan Kadis, yang membuat para guru maupun siswa merasa diperhatikan.

‘’Dengan perhatian baik yang diperlihatkan pemerintah baik Kota maupun provinsi, telah menggairahkan sekolah-sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku,’’ tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top