Kandidat Bupati Berburu Parpol – Ambon Ekspres
Trending

Kandidat Bupati Berburu Parpol

AMBON, AE— Berburu partai politik masih dilakukan sejumlah bakal calon kepala daerah, bahkan ada yang belum sama sekali mendapatkan rekomendasi. Dari sekian banyak figur baru satu pasangan balon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mengantongi rekomendasi parpol, sekaligus memenuhi syarat pencalonan.

Pasangan balon yang sudah resmi mendapat rekomendasi parpol adalah, Mukti Keliobas-Fachri Alkatiri. Partai Keadilan Sejahtera dan Gerindra sudah mencalonkan keduanya. PKS punya dua kursi, Gerindra punya tiga kursi. Kini pasangan ini masih melobi Partai Demokrat. “Dari sisi syarat, Mukti dan Fachri sudah terpenuhi,” ungkap tim sukses balon Mukti-Fachri yang menolak menyebutkan namanya, kemarin.

Bagaimana peluang pasangan ini mendapat Demokrat, dia tidak membeberkan lebih detail. Hanya saja, kata orang dekat Mukti ini, komunikasi sudah dilakukan dengan DPD Demokrat Maluku. “Mudah-mudahan Demokrat juga ikut bergabung mengusung Mukti dan Fachri. Itu yang kita inginkan,” kata dia.

Berapa parpol lagi yang akan dikejar, dia lagi-lagi menolak berkomentar. “Itu bukan ranah saya lagi. Kalau kandidat ingin membangun koalisi yang lebih besar maka ada lagi parpol yang akan diajak bergabung. Banyak tidaknya koalisi, sangat bergantung pada efektivitas kerja tim. Itu yang penting,” ungkap dia.

Bagaimana dengan Rekomendasi buat pasangan balon Siti Umuriah Suruwaky-Syafrudin Go? Sampai kemarin, pasangan ini belum juga mendapatkan rekomendasi satu partai pun. Namun, PKB mulai memberikan sinyal positif untuk mendukung Sitti.

Partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini disebut-sebut bakal memberikan rekomendasi buat Sitti. Keputusan dukungan PKB disinyalir terkait hubungan baik Ketua PKB Maluku Basri Damis dengan Sitti yang telah dibangun sejak Pilkada SBT pertama. Klimaksnya pada pemilu 2014, dimana anak wakil bupati SBT itu, Ella Salampessy lolos ke DPRD Maluku.

Sumber di kalangan internal PKB Maluku menyebutkan, pemberian rekomendasi untuk pasangan Sitti, karena mereka dinilai punya peluang menang cukup tinggi dibandingkan pasangan lain. ”Pasangan Sitti-Ongen cukup kuat, sehingga rekomendasi PKB diberikan kepada mereka,”kata sumber yang tak mau namanya disebutkan, Jumat (24/4).

Selain itu lanjut dia, dari hitung-hitungan kekuatan kewilayahan, dimana Sitti dari kecamatan Pulau Gorom dan Safrudin mewakili Geser cukup menjanjikan. Apalagi sebagian kandidat yang tidak diakomir oleh Mukti sebagai wakil bupati, juga sudah merapat ke pasangan Sitti-Ongen.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Maluku Basri Damis kepada Ambon Ekspres, kemarin mengatakan, pertengahan Mei, rekomendasi untuk bakal calon bupati maupun wakil ditetapkan. Targetnya, menang Pilkada di 4 kabupaten tersebut.

“Yang pasti kami menargetkan menang Pilkada serentak di 4 kabupaten di Maluku ini. Karena itu, Insha Allah pertengahan Mei ini, rekomendasi sudah dikeluarkan,” ujar Damis.

Proses rekrutmen bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten SBT, Aru dan Buru Selatan sudah selesaikan dilaksanakan oleh DPC PKB masing-masing. Sementara Maluku Barat Daya, baru mulai melakukan rekrutmen.

DPW PKB Maluku, lanjut Basri, akan menggelar rapat hari ini untuk membahas hasil-hasil rekrutmen dan selanjutnya disampaikan ke DPP, Senin (27/4). “Hasilnya telah diserahkan ke DPW PKB Maluku. Maka insha Allah besok (hari ini-red)DPW PKB Maluku akan menggelar rapat bersama 3 DPC PKB yakni Aru hari ini, Bursel dan SBT Selanjutnya, seluruh proses rekrutmen ini akan disampaikan ke DPP paling lambat Senin atau Selasa besok untuk dilakukan fit and proper test terhadap balon kepala daerah dan wakil kepala daerah,” paparnya.

Disinggung soal PKB telah memberikan rekomendasi kepada pasangan tertentu, baik untuk Pilkada SBT, Aru maupun Bursel, Damis membantahnya. ”Jadi kalau ada informasi yang berkembang bahwa rekomendasi PKB telah diberikan kepada calon bupati atau wakil bupati tertentu di empat kabupaten, itu tidak betul,”ungkapnya dengan nada santai. (TAB)

Most Popular

To Top