Bupati: Pengelolaan ADD Harus Sejahterakan Rakyat – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati: Pengelolaan ADD Harus Sejahterakan Rakyat

Masohi, AE.—Bupati Maluku tengah Tuasikal Abua menghimbau segenap  raja dan kepala pemerintah negeri dan instansi terkait di tingkat negeri agar dapat memanfaatkan kucuran dana desa untuk  kemajuan  negeri dan kesejahteraan rakyat.  Landasan mewujudkan harapan tersebut adalah komitmen yang kuat dari semua elemen di tingkat negeri  agar pengalokasian dana desa tidak melenceng dari ketentuan penggunaannya.

“Pengelolaan dana desa harus mengacu pada  ketentuan  penggunaannya. Dengan demikian, pemanfaatannya tidak melenceng,” pesan bupati.

Penegasan bupati ini  disampaikan mendahului rencana penyaluran dana desa oleh pemerintah pusat yang diagendakan dilakukan secara bertahap pada sekira Mei mendatang. “Ini perlu kita ingatkan jauh-jauh hari  agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan  yang bisa merugikan negeri dan masyarakat,” tandas bupati.

Sosialisasi tentang Dana Desa  telah dilaksanakan oleh Komisi XI DPR RI. Pejabat dari kementrian Keuangan, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT),  serta Kementrian Dalam Negeri RIdi Kabupaten Maluku Tengah  pekan lalu. Harapan dari pelaksanaan sosialisasi tersebut agar pengelolaan Dana Desa dapat dilakukan dengan tertib, transparan, akuntabel, dan berkualitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Memang butuh alokasi waktu yang cukup, pra kondisi dan persiapan yang memadai dari pemerintah daerah, pemerintah negeri dan seluruh pihak terkait untuk menghindari benturan atau permasalahan terkait penyaluran dan penggunaan dana desa.

Namun melalui sosialisasi oleh jajaran kementrian Keuangan, DPDTT,  Kemendagri dan DPR-RI  sangat membantu Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa/Negeri dan stakeholder diharapkan pengelolaan dana Desa dapat dilakukan secara baik dan akuntabel,” tekan  bupati. (MYX)

Most Popular

To Top