KONI Maluku Patok Peringkat 17 di PON Jabar – Ambon Ekspres
Olahraga

KONI Maluku Patok Peringkat 17 di PON Jabar

Ralahalu : Raih Medali Cukup Sulit

AMBON, AE.—Meski aura bakak kualifikasi PON (Pekan Olahraga Nasional)  belum menggelora, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku  tampaknya sangat realistis jika tidak ingin dikatakan pasrah terhadap target pencapaian medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016 mendatang.

Ketua Umum (Ketum) KONI Maluku, Karel Albert Ralahahu mengatakan, kami sadari kalau atlet yang bakal turun di babak kualifikasi PON maupun PON ada 60 atlet ditambah 16 pelatih.Walau demikian, kami tetap optimis bisa memperbaiki peringkat di PON mendatang.’’ Kami tidak akan pernah menyerah dalam menghadapi setiap lawan sebab semua orang yang turun di arena PON tujuannya satu, yakni meraih kemenangan,’’ papar Ralahalu kepada Ambon Ekspres di Fitnes Centre Maluku (FCM), Karang Panjang akhir pekan kemarin.

Mantan Gubernur Maluku ini menjelaskan, agar lolos PON, para duta Maluku ini harus mengikuti serangkaian event untuk meraih tiket PON.’’ Anggar, atletik, tinju, dayung hingga karete adalah cabor andalan Maluku yang punya potensi untuk meraih medali di PON.Meski sulit ‘mencuri’ medali, namun saya berharap mereka bisa mewujudkannya,’’ katanya.

Di PON 2016 mendatang, lanjut Ralahalu, KONI Maluku menargetkan 8 emas sekaligus mematok peringkat ke-17 dari 34 provinsi di Tanah Air.Alasannya adalah secara historis Maluku mempunyai catatan baik di setiap event tersebut.Meskipun bukan tradisi, tetapi Maluku memang mempunyai potensi untuk berada diurutan 17  di kancah nasional untuk event empat tahunan tersebut.’’ Meskipun tampaknya berat, tetapi kami yakin bahwa anak-anak anak-anak seribu pulau  sudah siap tempur dan mampu memberikan yang terbaik kepada daerah ini,’’ katanya optimis.

Target yang dicanangkan, ungkap Ralahalu,  akan menjadi motivasi para atlet yang akan bertanding di semua cabang olahraga yang diikuti Maluku.’’ Meskipun banyak hal yang mendesak, namun target yang ditetapkan harus dijadikan sebagai motivasi, bukan sebagai beban. Meski berat semua akan kami lakukan dengan sepenuh hati,’’ katanya.’’ Kalau PON Riau, Maluku peringkat 20, maka tahun mendatang, Maluku harus berada di peringkat 17 dan ini tanggung jawab kita semua untuk mewujudkan mimpi itu,’’ imbuh Ralahalu.

Dibagian lain, Ketua Pelatda Pra PON Maluku, Albert Fenanlampir menjelaskan, beberapa tahun terakhir ini, ada beberapa cabor yang paling menonjol prestasinya, yakni dayung, atletik dan karate serta beberapa cabor lain.’’ Untuk persiapan saya kira sudah tidak ada masalah, anak-anak siap bertanding di Pra PON dan mohon doanya agar mereka mampu memberikan yang terbaik bagi kontingen Maluku,’’ ungkapnya.

Dijelaskan, kontingen Maluku siap tempur meskipun belum mengetahui kekuatan lawan di masing-masing cabor.’’ Kami masih buta kekuatan masing-masing lawan.Yang terpenting adalah persiapan fisik dan mental sudah cukup,’’ ujarnya.

Fenanlampir mengajak semua atlet, pelatih untuk tetap semangat, junjung sportivitas.Railah prestasi untuk mencapai citius, altius dan fortius (lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat).’’ Yang jelas, tekad kami adalah vini, vidi, vici (saya datang, saya lihat, saya menang atau dengan kata lain Maluku datang Maluku menang,’’ pungkas Fenanlampir memberi semangat. (ZAL)

Most Popular

To Top