Beringin Bali Kokoh Lagi – Ambon Ekspres
Trending

Beringin Bali Kokoh Lagi

Buka Pendaftaran Calkada Mei

AMBON,AE— Partai Golkar Maluku kubu Aburizal Bakrie akan membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, akhir Mei. Meski begitu, mereka juga masih menunggu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Sekretaris DPD Golkar Maluku versi Munas Bali Fatani Sohilauw mengatakan, sesuai petunjuk pelaksana (Juklak) nomor 01 dari DPP, proses perekrutan dimulai dari tingkat bawah. Dia mencontohkan akan ada konvensi bakal calon di tingkat pengurus ranting. Setelah itu, bersama pengurus DPD II Golkar kabupaten mengirimkan beberapa nama di pengurus DPD I untuk fit and propert test.

“Golkar belum membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di empat kabupaten di Maluku. Apalagi sidang di PTUN hingga hari ini masih berjalan. Dan sesuai Juklak, mekanismenya dimulai dari tingkat kecamatan, DPD II dan DPD I. Selanjutnya hasil uji kelayakan dan kepatutan disampaikan ke DPP Golkar,’’ ujar Fatani kepada Ambon Ekspres via seluler, Senin (27/4).

BACA JUGA:  Golkar Diantara Dua Munas

Mantan Ketua DPRD Provinsi Maluku ini juga tidak memastikan target waktu pembukaan pendaftaran. ‘’Kalau soal rencana proses penjaringan, saya sudah lupa. Tapi semuanya diatur dalam Juklak,’’ katanya.

Dia memastikan, untuk empat Pilkada, yakni kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya, Golkar memprioritaskan kader. Hanya saja, keterpilihan kader sangat ditentukan syarat internal berupa Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak tercelah (PLDT).

“Keputusan Munas Bali bahwa yang diutamakan dalam Pilkada adalah kader partai. Jadi tinggal kita ikuti saja. Indikatornya sesuai PDLT, karena itu yang menjadi pegangan dalam hal rekrutmen calon kepala daerah,’’ paparnya.

Selain itu lanjut dia, termasuk hasil konvensi bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilakukan mulai tingkatan kecamatan, kabupaten hingga provinsi serta DPP. ‘’Semua kader punya peluang yang sama untuk direkrut. Tapi nanti kita lihat proses dari kecamatan, ke kabupaten, provinsi dan DPP,’’ sebutnya.

BACA JUGA:  Balon Bupati Serbu Golkar Kubu Mantulameten

Disingggung soal rekomendasi dari Panitia Kerja (Panja) Pilkada Komisi II DPR RI bahwa KPU diminta menggunakan putusan pengadilan yang terakhir untuk mengakomodasi pasangan dari parpol bersengketa hingga pendaftaran, Fatani mengimbau agar seluruh kader Golkar kembali ke jalan yang benar.

“Saya mengimbau kepada teman-teman untuk kembali ke jalan yang benar dan semua kader pasti tahu bagaimana proses pelaksnaan dari dua Munas, yakni Bali dan Ancol. Yang kita ikuti di Bali itulah yang sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Kalau ada yang ambil langkah ikut Munas Ancol, saya pikir mereka mesti berpikir kembali,’’ tandasnya.

Hal senada juga disampaikan wakil sekretaris DPD Golkar Maluku Piet Manuputty. ‘’Kubu ARB tidak mau gegabah. Tapi sesuai Juklak kemungkinan akhir Mei baru penjaringan dilakukan Bung,’’ ungkap Manuputty.

Sementara itu ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Musa Toekan mengatakan, tenggat waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah hanya tiga hari. Kata dia, akan ada petunjuk dari KPU RI terkait tenggat waktu, terutama bagi Golkar dan PPP yang belum dipastikan penyelesaian konfliknya.

BACA JUGA:  Balon Bupati Serbu Golkar Kubu Mantulameten

‘’Pendaftaran 26-28 Juli. Nanti ada petunjuk dari KPU RI yang kemungkinan dikeluarkan jelang pembukaan pendaftaran oleh KPUD,’’ singkat Toekan via sms, kemarin.

Pengumuman pendaftaran pasangan calon 14-15 Juli, pendaftaran pasangan calon 26-28 Juli, penetapan pasangan calon 24 Agustus, pengundian dan pengumuman nomor urut 25-26 Agustus 2015. (TAB)

Most Popular

To Top