Lasqi Implementasi Ambon City of Music – Ambon Ekspres
Amboina

Lasqi Implementasi Ambon City of Music

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, membuka Festival Seni Qasidah 2015 yang dilaksanakan Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Kota Ambon, Senin (27/4).

Menurut Louhenapessy, Festival Seni Qasidah yang rencananya digelar selama tiga hari, 27 hingga 29 April, sangat relevan dengan implementasi dan komitmen pemerintah kota (pemkot) untuk menjadikan Kota Ambon sebagai City of Music.

“City of Music adalah mata kehidupan bagi masyarakat kota ini, jadi festival ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk menjadikan Ambon sebagai kota music,” ujar Louhenapessy.

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan Festival Seni Qasidah Kota Ambon 2015 digelar dalam rangka meningkatkan kwalitas performance, karena Kota Ambon akan menjadi tuan rumah Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Maluku bahkan tingkat Nasional.

Kalau hanya sekedar mencari nama atau prestasi, Pemkot bisa saja membayar peserta dari pulau Jawa yang telah terlatih untuk bergabung dengan grup qasidah Kota Ambon.
Tapi bukan itu yang dicari, melainkan meningkatkan konstribusi masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan prestasi di bidang seni qasidah.

“Saya optimis kita bisa membuat prestasi yang tinggi dibidang seni qasidah. Ini terbukti dari peningkatan kualitas peserta Festival Seni Qasidah Kota Ambon dari tahun ke tahun,” terangnya.
Selain memberikan dampak seni, katanya, festival tersebut memiliki dampak edukasi yang besar dalam pemantapan nilai-nilai spiritualisas keagamaan bagi generasi muda.

“Semakin banyak anak muda mengikuti kegiatan ini, maka semakin banyak anak muda yang dapat memahami nilai religius dari festival ini, karena seni qasidah merupakan upaya dalam meningkatan kwalitas keagamaan,” paparnya.
Sementara ketua DPD Lasqi Kota Ambon, Faradilla Latuconsina mengatakan, pelaksanakan festival tersebut untuk mencari potensi-potensi berbakat dibidang seni qasidah. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!