Membaca Cara Murah Tingkatkan Kualitas SDM – Ambon Ekspres
GMGM

Membaca Cara Murah Tingkatkan Kualitas SDM

Membaca merupakan cara yang paling murah dan paling pintar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Setiap tahun, pemerintah mengucurkan dana milyaran rupiah untuk pembangunan perpustakaan sekolah, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Operasional Sekolah (BOS) buku dan dana BOM. Hal ini diingatkan Asisten III Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon Romeo Soplanit, kemarin.

Dia mengatakan, perpustakaan dan bantuan buku yang diperoleh sekolah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk membantu proses pembelajaran di sekolah, sehingga bimbingan teknis tenaga fungsional pustakawan yang dilaksanakan oleh kantor perpustakaan yang dilaksanakan oleh kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon dinilai sangat penting untuk mempersiapkan tenaga pengelola perpustakaan sekolah, dalam rangka menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh siswa.

‘’Untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan, maka perpustakaan harus dikelola dan ditata dengan baik. Di negara-negara maju, perpustakaan tidak hanya sekedar pelengkap pembelajaran, tapi perpustakaan dijadikan sebagai sentral pembelajaran,’’ ingatnya.

Di perpustakaan, lanjut Soplanit, anak-anak akan terlatih untuk belajar sendiri dan menemukan sendiri hal-hal baru yang tidak dipelajari di ruang kelas. Makanya, sudah menjadi rahasia umum kalau perpustakaan sekolah masih banyak belum dikelolah dengan baik.

‘’Karena ada sekolah-sekolah yang perpustkaannya lebih mirip dengan gudang buku. Ada juga perpustakaan sekolah yang tidak pernah dikunjungi siswa, sehingga buku-bukunya banyak yang berdebu. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan,’’ ingatnya.

Oleh karena itu dia berharap, pelatihan ini dapat mengelolah perpustakaan dengan baik dengan meminta kantor perpustakaan dan kearsipan Kota Ambon untuk melakukan monitori dan evaluasi terhadap sekolah-sekolah yang telah mengikuti kegiatan ini. ‘’Monitoring dan evaluasi terhadap perpustakaan di sekolah-sekolah perlu dilakukan,’’ tuntasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top