Peduli Sesama, PaninBank dan PMI Ajak Masyarakat Donor Darah – Ambon Ekspres
Amboina

Peduli Sesama, PaninBank dan PMI Ajak Masyarakat Donor Darah

AMBON, AE.—Kegiatan aksi donor darah yang digelar PaninBank bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon, Sabtu (25/4) di Maluku City Mall (MCM).  Menurut Ketua PMI Kota Ambon,Ona Hukom mengatakan,aksi donor darah yang digelar bersama dengan PaninBank ini,sangat membantu PMI untuk ketersedian stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Melalui kegiatan rutin yang dilakukan bersama dengan PaninBank  lewat Program Corporate Social Responsibility  atau CSR  ini, sangat membantu PMI dalam ketersediaan stok darah. Begitu juga dengan para pendonor dari TNI Batalyon 733 Raider serta Denzipur 5 CMG dan juga masyarakat umum. Tidak ada target berapa kantong darah dibutuhkan. Tapi, kalau bisa semakin banyak, makin bagus,” ujar Hukom disela-sela kegiatan.

Ditambahkan, stok darah ini tergantung pada kebutuhan dari rumah sakit dan orang sakit. Normalnya, dalam sehari 30-40 katong yang dibutuhkan. “Oleh sebab itu, PMI tengah mendorong dan meningkatkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan ini,”ungkapnya.

Dia juga berharap, adanya perhatian dari pemerintah untuk bersama meningkatkan partisipasi dari setiap kalangan untuk dapat aktif dalam aksi mendonorkan darah ini. “Diharapkan, pemerintah dan masyarakat di Ambon mau peduli tentang donor darah ini, karena darah ini tidak dijual belikan. Jadi kepedulian kita harus ditingkatkan, ”tandasnya.

Diakuinya, PMI telah mel- akukan sosialisasi serta pemeriksaan kesehatan dari desa ke desa namun kedapatan partisipasi dari anak muda sangat kurang.  “Relawan muda sejak dini harus didorong dan diberi pemahaman untuk berperan dalam kegiatan gerakan kemanusian seperti ini. Kami harap anak muda tiap saat bisa mendonorkan darahnya. Karena ini baik untuk kesehatan,” ungkapnya.

Sementara, Branch Manager Panin Bank Cabang Ambon, Nursaman M mengatakan, kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program CSR yang diselenggarakan PaninBank secara rutin tiga bulan sekali.

“Kami berharap, lewat kegiatan ini bisa membantu PMI Kota Ambon dalam memenuhi dan  mencukupi  kebutuhan  stok darah bagi rumah-rumah sakit dan juga bagi masyarakat yang membutuhkan. Minimal, kami menargetkan bisa terkumpul 50 kantong darah, dan dihari ini ada 52 katong darah yang dikumpulkan,”tuturnya.

Melalui kegiatan ini juga, lanjutnya, bisa memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk  orang lebih sadar tentang manfaat mendonorkan darah, sehingga  akan menambah jumlah pendonor baru. “Kegiatan ini juga dilakukan dibeberapa tempat keramain untu menarik perhatian dan rasa kepedulian masyararakat untuk mendonorkan darah.

Selain itu, bisa menambah jumlah pendonor baru, di Unit Transfusi  Darah (UTD) PMI Kota Ambon. Apabila, ada kebutuhan darah yang mendadak atau golongan darah yang sulit ditemukan bisa lewat database  para pendonor, PMI dengan cepat bisa mendapatkan darah yang dibutuhkan,”tuturnya.  (IWU)

Most Popular

To Top