Terinspirasi GMGM, Madrasah Aliyah Terbikan Buletin – Ambon Ekspres
GMGM

Terinspirasi GMGM, Madrasah Aliyah Terbikan Buletin

Implementasi Gerakan Maluku gemar membaca (GMGM) di lingkup Kantor Kementerian Agama wilayah Maluku mulai mendapatkan respons positif dari pihak sekolah. Adalah Madrasah Aliayah Negeri Langgur yang berada di bawah pengawasan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malra.

Sekolah sederajat SMA di Kota Langgur itu berhasil menerbitkan edisi perdana buletin pendidikan. Launching perdana Buletin yang berlangsung di sekolah tersebut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten  Malra, Djamaludin Bugis dan pejabat eselon di lingkup Kantor Kemenag Malra.

Kepala Sekolah Madrasah Aliayah Negeri Langgur, Lutfi Ohoitenan mengatakan penerbittan Buletin dilatarbelakangi keinginan dirinya membangkitkan kepedulian siswa dan guru untuk menulis dan membaca.
“Saya termotivasi agara siswa dapat menulis, apabila menulis tentu harus membaca, dari membaca itulah kita dapat mengetahui berbagai persoalan,” ungkap Ohoitenan kepada Ambon Ekspres usai launching Buletin Pendidikan milik sekolah yang dipimpinya, pagi kemarin.

Selain itu, kata Lutfi, kehadiran Buletin ini bagian dari upaya menggali life skill siswa. Pasalnya siswa dalam belajar tidak hanya harus memiliki kemampuan tetapi juga wajib memiliki life skill atau kecakapan hidup. “Melalui penerbitan bulletin ini dapat membangkitkan life skill dari siswa termasuk guru. Apa jadi kalau dia hanya memiliki kemampuan tetapi tidak miliki life skill,” paparnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malra, Djamaludin Bugis memberikan apresiasi pada Madrasah Aliyah yang menunjukan kreaktivitas dengan diterbitkannya buletin milik sekolah tersebut. Dia berharap kehadirannya dapat membantu pengembangan ilmu pengetahuan bagi keluarga besar Madrasah Aliyah.

“Kami menilai kehadiran ini korelasi dengan program GMGM, karena ini bahan baca, sebagai media yang akan dibaca oleh siswa maupun kalangan guru. Ini bagian dari tindaklanjut dari program GMGM,” tandas Bugis.
Kreaktifitas yang dimunculkan Madrasah Aliyah itu diharapkan memotivasi sekolah lain di jajaran lingkup kementerian agama untuk berkreaktivitas dan berinovasi.

“Setiap sekolah dapat melakukan  gerakan inovasi dan kreaktivitas melalui penerbitan media informasi seperti ini. Hal ini sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan,” harapnya seraya menambahkan kehadiran Buletin dapat meningkatkan pengetahuan dan kualitas Madrasah Aliyah untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

Rahma Rumles, S.Pd Guru Madrasah Aliyah Negeri Langgur mengatakan penerbitan dari buletin sebagai media bagi siswa dan civitas aliyah, masyarakat umum sebagai media khusus bagi siswa untuk berkreaktivitas.   “Media ini diserap siswa melalui kegiatan membaca, siswa dan guru melewati hari-hari sekoalh dengan membaca sehingga menambah pengetahuan siswa,” pungkasnya. (SAT)

Most Popular

To Top