Wattimena: Demokrat Utamakan Kader di Pilkada – Ambon Ekspres
Politik

Wattimena: Demokrat Utamakan Kader di Pilkada

Rumatoras Gandeng Tokoh Muda Rebut SBT

AMBON,AE— Partai Demokrat mengisyaratkan akan mengusung kadernya di empat kabupaten yang akan menggelar Pilkada medio Desember 2015 mendatang. Meski begitu, Demokrat membuka ruang bagi non kader berproses di partai itu.

Tentu kader diutamakan. Apalagi, kader itu memiliki legitimasi politik karena terpilih menjabat anggota DPRD. Misalnya, pak Bakhtiar La Galeb di Bursel pak Melkias Frans di MBD,” kata Bendahara Fraksi Demokrat DPRD Maluku, Welem Wattimena, kemarin.

Dia mengaku, La galeb dan Frans teruji. Kata dia, Galeb sebelumnya menejabat anggota DPRD Bursel. Kini menjabat anggota DPRD Maluku. Sementara Frans dua kali terpiih menjabat anggota DPRD Maluku. ”Itu berarti mereka teruji dan dikenal luas masyaralat didaerahnya,”sebutnya.

Meski begitu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Maluku ini mengaku, saat ini ada sejumah bakal calon Bupati dan Wakil Bupati telah mendaftar di Demokrat. ”Jadi saat ini tim 6  terdiri dari 2 orang dari DPP Demokrat, 2 orang dari DPD dan 2 orang dari DPC Demokrat. Jadi dalam waktu dekat para balon akan diuji. Bisa saja proses pengujian di Jakarta, Ambon, atau di daerah yang menggelar Pilkada,”jelasnya.

Dia mengaku, pihaknya memiliki mekanisme atau aturan main untuk memproses balon. Kata dia, peraturan oreganisasi terkait Pilkada akan diimplementasikan. ”Tentu figur yang memiliki elektabilitas akan dipertimbangkan untuk diusung. Intinya, bagaimana figur yang diusung ikut membesarkan Demokrat jika terpiih,” sebutnya.

Sementara itu, gaung Pilkada  Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai bergema seiring munculnya sejumlah calon Bupati dan Wakil Bupati yang lolos dalam penjaringan partai politik. Yusuf Rumatoras misalnya, sosok  pengusaha lokal asal Maluku ini mengaku, dirinya berniat bertarung dalam Pilkada SBT.

Rumatoras mencalonkan diri sebagai calon bupati dan akan mendaftar di Partai Demokrat, Nasdem, PPP, PKPI dan PDIP. Ia bahkan berani menggandeng sosok muda, Arobi Kelian, sebagai calon wakil bupati.Saat ini, Kelian menjabat Ketua DPC PDIP SBT. Ia juga kini Ketua Komisi C DPRD Kabupaten SBT.

Menurut Rumatoras,  meskipun sudah dua kali gagal dalam Pilkada SBT sebelumnya, namun hal itu tidak membuatnya patah arang. Ia yakin, untuk kali  ketiga ini, kemenangan itu akan diraih. “Kami inginkan generasi muda di Kabupaten SBT lebih maju lagi,”tegasnya, via telepon seluler, Senin (27/4).

Sementara itu,Arobi Kelian menambahkan, selama ini di SBT masyarakat masih terkesan “terkotak-kotak”. Ada kubuan-kubuan dan sebagainya. “Nah ini yang akan kami pangkas. Kehadiran kami nanti untuk menyatukan seluruh masuarakay di SBT. Masyarakat harus bersatu, saling menghargai perbedaan,”tegas Kelian.  (JOS/HIR)

Most Popular

To Top