Tim Dayung PPLP Maluku Incar Juara Umum di Kejurnas – Ambon Ekspres
Olahraga

Tim Dayung PPLP Maluku Incar Juara Umum di Kejurnas

Jeremias : Beruntung Bermain di Rumah Sendiri

AMBON, AE.—Tim Dayung PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) Maluku menargetkan juara umum pada Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Dayung antarPPLP  yang akan digelar di Teluk Kota Ambon, Oktober mendatang.

Berkekuatan sekitar 18-20 atlet, anak-anak seribu pulau ini menargetkan meraih  medali emas sebanyak mungkin.’’ Target juara umum itu realistis, karena anak-anak bermain di rumah sendiri,’’ ungkap Steven Sarimole, Pelatih Dayung PPLP Maluku kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dijelaskan, anak asuhnya bakal turun di semua  nomor yang dilombakan.Dari nomor tersebut, Sarimole berharap mereka dapat meraih emas di nomor Rowwing maupun Canoeing.’’ Harapan terbesar Maluku ada di nomor itu.Atlet kita masih unggul, namun tentu saja kita tidak ingin terlena dengan hasil yang ada,’’ jelasnya.

Di Kejurnas kali ini, Maluku tetap mendapat perlawanan ketat dari beberapa provinsi lain seperti DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar).Sementara Papua tak bisa dianggap enteng.Papua bakal menjadi kuda hitam, karena prestasi mereka tahun lalu cukup memuaskan.’’ Kami patut mewaspadai kekuatan Papua, karena prestasi mereka akhir-akhir ini menunjukkan grafik meningkat.Jadi kami akan berjuang keras,’’ pungkasnya.

Dibagian lain, Anos Jeremias, Sekum PODSI (Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Maluku, berharap besar pada pedayung PPLP Maluku untuk memperoleh juara umum dalam kejurnas yang bakal digelar di beberapa bulan kedepan.

’’ Tunjukan bahwa kita mampu Berjaya di rumah sendiri.Dengan kerja keras yang diperlihatkan atlet dayung Maluku saat ini, saya optimis bisa memperoleh juara umum,’’ ungkapnya.’’ Paling tidak ketika di latihan hanya mengeluarkan 80 persen tenaganya, di Kejurnas nanti bisa mengeluarkan 200 persen tenaga mereka untuk terus mendayung,’’ sambung Jeremias memberi semangat.

Meski bermaterikan atlit junior, namun pria murah senyum ini yakin para atlet yang sementara dibina di  PPLP Maluku bisa bersaing dengan atlet daerah lainnya.’’ Mereka ini diproyeksikan untuk PON beberapa tahun ke depan.Sebab, catatan waktu mereka cukup bagus dan bisa berkolaborasi dengan seniornya,’’ ungkapnya.

Terkait pesaing ketat Maluku sendiri? Jeremias berujar, masih dari Sultra, Sulteng, Sulsel, Jatim, Sulut, Jateng hingga Papua.’’ Namun sebagai tuan rumah dipastikan lebih siap karena berlaga di lokasi tempat latihan PPLP selama ini.Jadi mereka cukup beruntung bermain di rumah sendiri,’’ katanya.

Jeremias menambahkan, semangat tinggi harus terus dijaga para atlet pelajar tersebut agar dapat mencapai hasil terbaik.’’ Mereka selalu menjalani latihan rutin setiap pagi dan sore. Memang perlu kedisiplinan dan motivasi tinggi, karena jalan bagi mereka untuk terus menunjukkan prestasinya masih panjang,’’ demikian Jeremias. (ZAL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!