Studi: Berjalan Santai Dua Menit Bisa Perpanjang Usia – Ambon Ekspres
Kesehatan

Studi: Berjalan Santai Dua Menit Bisa Perpanjang Usia

Merasa sulit untuk berolahraga rutin? Cobalah untuk berjalan santai selama dua menit. Menurut studi terbaru, berjalan santai dengan waktu dua menit dapat membantu memperpanjang hidup Anda.

Dikutip dari Huffington Post pada Minggu (3/5/2015), peneliti dari Northwestern Medical School menemukan bahwa berjalan santai selama dua menit setiap jamnya dapat membuat hidup Anda lebih lama. Penelitian ini telah menganalisis sebanyak 3.626 peserta pada studi mengenai penuaan dan dilakukan selama 3 tahun.

Mereka yang melakukan jalan santai selama dua menit per jam saat melakukan aktivitas normalnya sehari-hari, dikaitkan dengan risiko sepertiga lebih rendah dari kematian. Aktivitas fisik yang dilakukan, baik itu dalam intensitas ringan atau berat, sangat penting untuk kesehatan jantung.

“Saya pikir apa yang kita lakukan di sisa 98 persen dari waktu kita selama sehari, sangat bermakna dan memiliki konsekuensi pada kesehatan,” ujar salah seorang penulis penelitian, dr. Srinivasan Beddhu dari University of Utah.
Tentu saja, menukar waktu Anda selama dua menit di tiap jamnya bukanlah hal yang sulit. Bahkan, berjalan santai dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar dibandingkan harus duduk dalam waktu lama.

Fakta yang ada memaparkan bahwa duduk merupakan aktivitas yang buruk untuk kesehatan Anda. Ini bukanlah hal yang baru, sebab sebuah penelitian lain juga telah menautkan duduk dalam waktu lama dapat berisiko pada kesehatan termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker dan kematian dini.

“KIta perlu memiliki kesadaran menetap mengenai sudah berapa jam kita habiskan waktu dengan duduk tanpa olahraga lainnya,” tutup dr. Srinivasan.(up/up)

Most Popular

To Top