Turnamen Sepakbola Pangdam Cup U-15 Resmi Bergulir – Ambon Ekspres
Olahraga

Turnamen Sepakbola Pangdam Cup U-15 Resmi Bergulir

Eko : Ajang Pencarian Talenta Muda

AMBON, AE.—Turnamen sepakbola Pangdam Cup U-15 resmi bergulir,  akhir pekan kemarin.Event yang diikuti 24 tim tersebut dipusatkan di Lapangan Rindam, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam sambutannya, Komandan Rindam XVI, Kolonel Infantri Eko Matalius mengatakan, turnamen sepakbola Pangdam Cup U-15 yang dilaksanakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi persepakbolaan nasional pada umumnya dan khususnya persepakbolaan di wilayah Maluku.Ajang ini sekaligus memperingati HUT Kodam XVI Pattimura yang ke-16.

Selain itu juga sebagai sarana mencari bibit-bibit pesepakbola sekaligus mempererat rasa persaudaraan, kebersamaan, kekompakan dan solidaritas antar sesama pesepakbola, dan sebagai sarana untuk  menjalin silaturahmi antara TNI dengan masyarakat dalam lingkup wilayah  Maluku serta memasyarakatkan olahraga sepakbola.

’’ Ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kami, karena bisa memberikan kontribusi untuk turut serta mendukung prestasi sepakbola baik di tingkat provinsi maupun event lain melalui pembinaan pemain, karena para pemain yang tergabung dalam turnamen ini merupakan pemain terbaik yang dipilih dari tiap-tiap sekolah  sepak bola (SSB) yang ada di Maluku Tengah dan Kota Ambon,’’ katanya.

Eko  berharap kiranya dalam turnamen ini semua tim dapat bertanding dengan sportif, menjunjung tinggi semangat fair play, jujur, patuhi dan taati semua ketentuan dan peraturan pertandingan yang berlaku dan hargai setiap keputusan wasit.’’ Junjung tinggi sportivitas,’’ ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Eko mengungkapkan bahwa belakangan ini prestasi sepakbola sedang mengalami kemerosotan cukup drastis.Apalagi tim sepakbola kebanggaan masyarakat di daerah ini tak mampu naik ke level yang lebih tinggi (QNB League).Tantangan ini harus dijawab oleh stakeholder sepakbola Maluku.’’ Kalau bicara sumbangsi pemain di Timnas, mungkin Maluku yang paling banyak.Namun, lebih baik lagi bila ada tim Maluku yang tembus liga super,’’ ucapnya.

Bukan hanya itu, lanjut Eko, kemerosotan prestasi sepakbola di negeri seribu pulau ini, salah satunya disebabkan kurangnya turnamen.Padahal daerah itu sejak lama selalu dikenal sebagai penghasil pemain sepakbola handal Indonesia.’’ Ini yang menjadi dasar sehingga pihaknya berinisiatif menggelar turnamen dengan tujuan membangkitkan kembali prestasi sepakbola, baik di Indonesia maupun di Maluku sendiri,’’ terang dia.

Dia menambahkan, kepada tim-tim yang berlaga diharapkan tetap menjunjung tinggi fair play dan mengikuti semua ketentuan yang berlaku serta mematuhi semua keputusan wasit.’’ Semoga turnamen ini dapat berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan bersama dan kembali mampu mengangkat marwah sepakbola, khususnya di Maluku,’’ pungkas Eko.

Ditempat yang sama, Sekjen Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu memberikan apresiasi yang tinggi atas digelarnya turnamen ini.’’ Event ini sebagai sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit dengan masyarakat khususnya dengan insan-insan pecinta olahraga, kami dari asprov dukung turnamen ini,’’ katanya.
Dikatakan, turnamen tersebut bisa membangkitkan gairah persepakbolaan, apalagi tim-tim yang ikut serta adalah tim pilihan yang memiliki program pembinaan bibit-bibit muda berbakat.

’’ Semoga  turnamen yang berlangsung kemarin dan berakhir 10 Mei nanti bisa berjalan dengan lancar dan sukses,’’ tutup Sofyan.
Hadir dalam acara tersebut, pengurus KONI Maluku, Pengurus PSSI Maluku, Seluruh staf di lingkup Rindam XVI Pattimura serta semua kontestan dan pelatih yang turun di Pangdam Cup U-15.(ZAL)

Most Popular

To Top