Anak Cacat Harus Dapat Pendidikan Layak – Ambon Ekspres
Pendidikan

Anak Cacat Harus Dapat Pendidikan Layak

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, kemarin, melakukan lomba kepada anak-anak berkebutuhan khusus mulai dari tingakt SD sampai dengan SMA. Pada acara pembukaan yang berlangsung di  Hotel Imperial In, Kadisdikbud Provinsi Maluku Saleh Thio, mengatakan, anak-anak berkebutuhan khusus ini tidak ada bedanya dengan anak-anak yang normal. ‘’Mereka harus mendapat pendidikan yang layak sama seperti para siswa yang berada di bangku pendidikan regular,’’ katanya.

Sebagai pimpinan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, dia mintakan, agar para guru dalam memberikan pengajaran kepada para siswa yang mengalami kelainan yaitu anak cacat harus penuh kesungguhan hati, dan haruslah mengikuti apa yang mereka inginkan demi bisa mengetahui apa saja yang menjadi keinginan dari anak tersebut.

‘’Sebab mereka itu adalah juga warga negara Indonesia yang berhak untuk mendapatkan  pendidikan sesuai dengan yang tercermin dalam UUD 45 dan Pancasila,’’ ingatnya.
Dia juga mengingatkan para juri agar menjunjung nilai-nilai moral dan profesional. “Sebab untuk menilai mereka berbeda dengan menilai anak-anak normal. Saya harapkan berikan nilai yang sesuai dengan harapan. Karena kalau mereka kecewa sangat sulit dipulihkan kondisi anak-anak cacat,’’ ingatnya.

Usai membuka acara tersebut, Kepala Dinas mendatangi para peserta satu persatu dan terlibat dialog dan menanyakan apa yang menjadi keluhan mereka. Terbangunlah keakraban antara Kadis dengan anak-anak cacat. (PRO1)

Most Popular

To Top