Gainau Mangkir Bersaksi – Ambon Ekspres
Metro Manise

Gainau Mangkir Bersaksi

Yang bersangkutan (Gainau red) sudah kami panggil untuk memberikan keterangan atas terdakwa Elifas Leleua tapi tidak pernah hadir,“ kata JPU Ahmad Kobarubun kepada koran ini, kemarin.

Ditanya alasan tidak hadirnya Gainau, JPU tidak mengetahuinya. Karena, menurut JPU, pihaknya telah mengirimkan surat panggilan kepada yang bersangkutan. Namun, entah kenapa tidak dapat hadir di persidangan. “Kami sudah ulang kali panggil, namun tidak hadir,“ jelasnya.

Sementara itu, penasehat hukum terdakwa, Firel Sahetapy mengatakan, Gainau seharusnya dipanggil paksa. Karena mengingat sudah tiga kali yang bersangkutan mangkir dari panggilan jaksa. “Sebaiknya dilakukan upaya pemanggilan paksa saja. Karena keterangan dari Gainau sangat penting untuk mengetahui siapa yang paling bertanggungjawab dalam dana MTQ Aru ini,“ terangnya.

Menurut Sahetapy, upaya pemanggilan paksa dilakukan apabila majelis hakim yang mengadili perkara itu, menetapkan dan mengeluarkan surat panggilan paksa terhadap mantan Sekda Aru itu. Karena, lanjutnya, yang bersangkutan dianggap memperhambat proses hukum terhadap kliennya.

“Majelis hakim sudah seharusnya mengeluarkan surat pemanggilan paksa. Karena sudah sekian kalinya mangkir. Jika sidang pekan mangkir, berarti sudah empat kali. Jadi harus panggil paksa,“ tandasnya.
(AFI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!