Tak Ada Kebocoran Soal UN di Kota Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Tak Ada Kebocoran Soal UN di Kota Ambon

Wakil Wali Kota Ambon M.A.S Latuconsina memastikan tidak ada kebocoran soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon. hal tersebut dia sampaikan menyusul adanya kebocoran soal UN di Jakarta.

“Pelaksanaan UN di Kota Ambon akan berjalan baik karena tidak ada kecurangan berupa kebocoran soal seperti yang terjadi di Jakarta,” kata Latuconsina.

Menurut dia, persiapan siswa Kota Ambon untuk menghadapi UN pada masing-masing sekolah sudah sangat matang sebelum pelaksanaan, sehingga tindak kecurangan dalam pelaksanaan UN di Kota Ambon sangat kecil.
“Kalau ada yang katakan soal bocor artinya mentalitas pendidikan yang harus dipertanyakan. Tapi saya pastikan tidak ada kebocoran soal UN,” katanya.

Dia menjelaskan, UN yang dilaksanakan siswa SMP saat ini merupakan evaluasi dari hasil belajar siswa selama tiga tahun, makanya UN jangan dijadikan momok karena setiap siswa akan mengalami hal ini. “UN jangan dianggap sebagai hal yang menyeramkan, tapi UN itu biasa saja dan hal ini berlaku bagi semua siswa yang duduk di bangku kelas X SMP di seluruh Indonesia,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap, seluruh siswa dapat mengisi soal UN dengan baik dan berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). “Saya harap, semua siswa akan memperoleh nilai yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan,” tandasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 14 Ambon, Sam Duwila mengakui, di sekolah yang dipimpinnya terdapat 256 peserta UN. Dia optimis, semua siswa akan memperoleh nilai UN yang memuaskan sesuai hasil belajar yang diterima selama ini. “Saya yakin, semua siswa akan memperoleh nilai UN yang memuaskan,” harapnya. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!