Kempo Ikut Kejurnas, Atletik Rebut Tiket di Pra PON – Ambon Ekspres
Olahraga

Kempo Ikut Kejurnas, Atletik Rebut Tiket di Pra PON

Pariella : Jumlah Cabor di PON Bakal Bertambah

AMBON,AE-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku mulai mempersiapkan atlet andalan seribu pulau untuk menghadapi berbagai event nasional.Dalam waktu dekat, payung olahraga tinggi di Maluku itu akan mengirimkan atlet dari dua cabang olahraga (cabor) untuk berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Pra PON.

Dua cabor itu adalah Kempo dan Atletik.Demikian disampaikan Albert Fenanlampir, Ketua Satuan Tugas (Satgas)  Pelatda (Pelatihan Daerah) Maluku Prestasi kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Mantan Sekum KONI Maluku ini menjelaskan, saat ini para atlet dari dua cabor di atas intens melakukan latihan.Mereka mengikuti program latihan dari tim pelatih secara baik.’’ Sebelum bertolak menuju event tersebut, mereka harus mempersiapkan diri secara matang, sehingga bisa meraih hasil maksimal,’’ jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, cabor kempo akan melakoni Kejurnas di Surabaya, Jawa Timur pertengahan bulan ini.Ada tiga atlet dan satu pelatih yang akan turun di kejuaraan tersebut.Untuk atletik, ada delapan atletik dan dua pelatih yang akan dikirim ke Pra PON di Solo, Jateng, 20-20 Mei nanti.’’ Mereka juga didampingi oleh satu orang satgas.Kami ingin atlet Maluku berprestasi, sebab ajang Pra PON adalah ajang untuk meraih tiket menuju PON.Mereka harus menunjukkan yang terbaik,’’ katanya memberi semangat.

Fenanlampir mengatakan,  semua cabor yang masuk dalam program Maluku Prestasi harus mampu meloloskan banyak atlet di PON.Olehnya itu, para atlet maupun pelatih harus maksimal.’’ Kami ingin mereka  tampil maksimal,’’ ucapnya.’’ Khusus untuk atlet lintasan, saya harap  bisa memberikan catatan terbaik di Pra PON, agar bisa lolos ke PON nantinya,’’ imbuhnya.

Dibagian lain, Ketua Harian KONI Maluku, Toni Pariella mengungkapkan, di PON Jabar nanti, 755 medali emas dari dari 44 cabang olahraga (cabor) rencananya akan diperebutkan.Jumlah ini mengalami lonjakan tajam dibandingkan  PON XVIII 2012 Riau lalu yang hanya memainkan 601 nomor pertandingan.

Bertambahnya jumlah nomor pertandingan terungkap dalam Rakor Sosialisasi Cabang Olahraga dan Nomor Pertandingan PON yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.Cabang olahraga yang dipertandingkan juga bakal bertambah.’’ Lima cabor baru yang rencananya masuk dalam multievent empat tahunan itu adalah kriket yang akan melombakan 10 nomor, berkuda (20 nomor pertandingan), dansa (17 nomor pertandingan), drum band (10 nomor pertandingan), dan hoki (5 nomor pertandingan),’’ beber dia.

’’ Walau belum di putuskan dalam rapat KONI Pusat, namun penambahan cabor ini tak berpengaruh bagi Maluku, sebab itu (cabor) bukan prioritas KONI Maluku,’’ jelasnya melanjutkan.

Pariella pun  menyoroti cabor baru yang dianggap tidak masuk akal.Misalnya adalah cabor kriket yang mempertandingkan 10 nomor pertandingan.’’ Kriket diusulkan 10 nomor (pertandingan). Ini cabor baru, tapi nomornya banyak,’’ protesnya.’’ Meski tuan rumah banyak diuntungkan dengan penambahan nomor, namun bagi Maluku, itu tidak berpengaruh,’’ demikian Pariella. (ZAL)

 

Most Popular

To Top