2 Opsi Untuk PLTU Waai – Ambon Ekspres
Trending

2 Opsi Untuk PLTU Waai

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Waai, Kabupaten Maluku Tengah, bakal masuk pada babak baru. Masalah PLTU Waai yang bukan lagi domain PLN Wilayah Maluku dan Maluku utara itu, sedang digodok di tingkat Direksi PLN pusat.

Informasinya, direksi telah mengeluarkan dua opsi, sebagai jalan keluar. Opsi pertama pemutusan kontrak terhadap kontraktor lama, dan opsi kedua dilanjutkan oleh Main contractor (kontraktor dari China). Sebelumnya proyek milyaran rupiah itu kandas ditengah jalan, akibat persoalan finansial kontraktor yang menangani mega proyek tersebut.

“Sebenarnya PLTU Waai ini sudah berada dibawah pengawasan direksi pusat dan Unit Induk Pembangunan (UIP) 14. Dan sampai hari ini kami masih menunggu kabar dari pusat, karena sudah ada dua opsi yakni pemutusan kontrak atau akan dilanjutkan lagi, ” tutur General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ikhsan Asaad kepada Ambon Ekspres, kemarin (6/5).

Menurutnya, proyek itu akan dilanjutkan oleh kontraktor asal China.” Memang balum ada kepastian opsi mana yang akan dipakai tetapi kemungkinan besar opsi kedua yang akan dipakai oleh direksi, karena pembangunannya sudah berjalan jauh dan mereka (kontraktor China) tidak mau pekerjaannya terbengkalai,” hematnya.

Olehnya itu, kata Ikhsan, bila dilanjutkan, pihaknya akan menghitung kembali berapa cost yang akan ditambah untuk menyelesaikan proyek tersebut. ”Ya pastinya bila ini dilanjutka maka kita akan hitung kembali tambahan material yang diperlukan karena sekarang material yang disana sudah 60 persen,” jelasnya.

Ikhsan yakin proyek tersebut akan segera selesai.” Prinsipnya kami meyakini dibawah pengawasan direksi, pekerjaan ini akan selesai, bila tidak di 2016 maka akan selesai di tahun 2017, ” pungkasnya.
(ARI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!