Ambon “Hidup” Lagi – Ambon Ekspres
Trending

Ambon “Hidup” Lagi

AMBON, AE— Sejak dua hari lalu, Kota Ambon penuh sesak dengan kehadiran utusan pemerintah kota dari hampir semua provinsi. Keramaian di pusat kota terlihat kemarin, mulai dari pameran sampai karnaval kebudayaan. Ambon sangat ramai. Dan masyarakat kota pun menemukan roh kegembiraannya.

Pameran dan karnaval merupakan bagian dari  rangkaian pelaksanaan Rapat kerja nasional Asosiasi pemerintah kota se-Indonesia. Rakernas akan dibuka hari ini pukul 07.00 oleh Presiden Joko Widodo di Hotel Natsepa. Rakernas akan berakhir pada 10 Mei mendatang.

Hampir semua hotel besar maupun kecil sampai penginapan dipenuhi para tamu. Sejumlah tempat-tempat penjualan oleh-oleh khas Maluku menjadi bidikan mereka. Menariknya, hampir semua tamu khususnya laki-laki, sudah terlihat menyemut di lorong Lipo pusat penjualan batu aqik.

Di Lapangan merdeka, pameran sudah mulai dibuka sejak kemarin. Atraksi budaya dari sejumlah kota menjadi pengantar pembuka pameran bertajuk City Expo. Sebelumnya sejak pukul 14.00 kemarin, ratusan orang dengan berpakaian adat masing-masing daerah sudah memadati Jalan AY Patty. Jalan ini sudah ditutup sejak pagi untuk kepentingan pelaksanaan karnaval budaya.

Sebelum pawai digelar, para Walikota mengikuti penanaman pohon khas daerah, kemarin sekira pukul 07. 30 di kompleks Angkatan Laut, Halong. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel di Hotel Natsepa tentang materi-materi Rakernas.

Warga sejak pukul 13.00 terus memadati kawasan Jalan AY  Patty. Di Jalan Sultan  Kairun juga ditutup. Para pengendara yang akan melewati jalan itu, menuju kawasan  Gong Perdamaian diarahkan ke jalan Pattimura. Di saat yang sama, kemacetan panjang disepanjang jalan Pattimura pun terjadi. Sejumlah petugas polisi Lalulintas dan petugas dinas perhubungan diturunkan untuk mengatur jalur lalintas.

Satu persatu kontingen daerah setiap kota pun datang dengan mengenakan pakaian adat masing-masing. Pada sekira pukul 12.30 kawasan Jalan AY Patty pun disesaki para peserta pawai Seni Budaya.

Kegiatan pawai  yang menyedot antusias banyak warga kota Ambon untuk menyaksikan ini, dimulai  dengan rute, Jalan AY.  Patty menuju Jalan Sultan Khairun, selanjutnya menuju  lapangan Merdeka, sebagai tempat pembukaan City Expo dan pameran.  Ratusan peserta pawai itu pun terlihat menunjukkan kepiawaian dalam mempertunjukkan tarian-tarian adat daerah masing-masing. Beragam pakaian adat dan tarian adat pun mewarnai kawasan  Jalan AY Patty hingga sekira pukul 17:00 WIT.
“Semoga dengan berbagai kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa persaudaraan antara masyarakat di semua kota di Indonesia,” harap ketua panitia Rakernas Apeksi, M.A.S Latuconsina saat menyampaikan laporannya.

Direktur  Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya  Kementerian Pariwisata,  M. Ahman Syah dalam sambutannya mengatakan, budaya adalah perekat  bangsa. Dan Indonesia adalah bangsa yang besar, yang punya beragama budaya. “Mari kita kembangkan dan majukan budaya, serta  tingkatkan persatuan dinatara kita,” harapnya.
Kementerian  Pariwisata terus mendorong agar promosi budaya Indonesia terus ditingkatkan. Pemerintah kota di seluruh Indonesia juga  harus memiliki komitmen yang sama, membangun pariwisata. “Filosofi kita adalah melalui pembangunan pariwisata bangsa Indonesia bisa sejahtera,” ingatnya.

Gubernur Maluku, Said Assagaff dalam sambutannya mengatakan, daya saing harus jadi potret jati diri daerah, baik ditingkat nasional maupun internasional. Berbagai kegiatan Apeksi di Kota Ambon dapat bermanfaat bagi semua kota pemerintah kota.

“Pemerintah Provinsi Maluku mengapresiasi dan mendukung berbagai kegiatan yang digelar Apeksi di Kota Ambon, termasuk pawai seni budaya dan City Expo. Dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kota Ambon sebagai  tuan rumah. City Expo menjadi keberhasilan pembangunan setiap daerah,” ucapnya.

Malam tadi, lautan manusia tampak di Lapangan Merdeka untuk melihat langsung City Expo. “Kami bangga Kota Ambon mendapat kepercayaan ini. Kami juga sangat gembira, sudah lama baru merasakan keramaian ini lagi. Kota Ambon seakan hidup lagi,” pungkas Sony salah satu warga kota kepada Ambon Ekspres malam tadi di lokasi City Expo.
(MAN)

Most Popular

To Top