Empat Atlet Anggar Turun di Kualifikasi PON – Ambon Ekspres
Olahraga

Empat Atlet Anggar Turun di Kualifikasi PON

Likumahua : Mereka Harus ‘Mencuri’ Tiket PON

AMBON, AE.—Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Maluku belum bisa memasang target para atletnya yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat (Jabar) 2016 mendatang.Alasannya karena peta kekuatan lawan di cabang olaharaga tersebut kian merata.

Pelatih Anggar Maluku, Daniel Likumahua menjelaskan, terlalu dini untuk bicara target di PON, yang harus dilakukan adalah bagaimana mempersiapkan atlet semaksimal mungkin.’’ Tidak ada target berapa medali di PON nanti.Saya hanya ingin atlet bisa fokus latihan dan latihan agar bisa ‘mencuri’ tiket di Pra PON di Bandung, Agustus mendatang,’’ papar Daniel kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, sekarang ini pihaknya belum bisa memprediksi karena pembinaan olahraga tersebut di tingkat nasional sudah berjalan baik.’’ Ada empat atlet  yang disiapkan menuju event nasional tersebut, yakni Maichel Huwae, Ronald Makabori, Ance Pattiasina dan Agus Manuhutu,’’ terang dia.’’ Mereka sementara melakoni TC Outdoor yang digulirkan oleh KONI Maluku sejak 2013 lalu,’’ sambung dia.

Mengenai pembinaan atlet anggar di Maluku sendiri, dia  mengatakan, sudah merata karena cabang tersebut mulai masuk ke sekolah-sekolah maupun kampus.’’ Memang tidak mudah untuk memperoleh medali, tapi dengan kerja keras serta dibarengi doa, semuanya akan menjadi mudah,’’ jelasnya.

Untuk meningkatkan  meningkatkan performa atlet, lanjut Likumahua, porsi latihan akan ditambah.Ini dilakukan demi mendapatkan medali emas.’’ Kalau keinginan tentu saja mendapatkan medali emas.Namun, karena anggar merupakan cabang yang tidak terukur.Sehingga segalah kemungkinan bisa saja terjadi,’’ lanjutnya.’’ Saat ini anak asuhnya masih melakukan latihan fisik secara rutin di Mandala Remaja, Karang Panjang,’’ sambung dia.

Selain itu, kata dia,  atlet seribu pulau nantinya akan bersaing dengan atlet-atlet daerah lain yang patut diperhitungkan. Terutama atlet-atlet dari kontingen yang ada di pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah.’’ Kami harus persiapkan mereka (atlet) secara matang,’’ ujarnya.

Yang jelas, tambah dia, pihaknya akan berusaha keras demi meloloskan atlet di PON mendatang.’’ Kami tidak ingin kirim atlet yang asal-asalan.Mereka harus punya kualitas,’’ kunci Likumahua. (ZAL)

Most Popular

To Top