Para Walikota: GMGM Solusi Masalah Pendidikan – Ambon Ekspres
Trending

Para Walikota: GMGM Solusi Masalah Pendidikan

AMBON,AE— Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dipelopori Harian Ambon Ekspres, bekerja sama dengan pemerintah provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan, merupakan program  yang tepat untuk memajukan pendidikan di Maluku. Karena itu, harus didukung  oleh  semua elemen masyarakat di daerah ini.

Demikian disampaikan oleh sejumlah Walikota di Indonesia. “Saya nilai, program seperti GMGM sangat dibutuhkan di masa kini dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di Maluku,’’ kata Walikota Mojokerto, Masud Yunus seusai menghadiri pembukaan kegiatan City Expo dan Pameran di Lapangan Merdeka, Ambon, Rabu (6/7).

Dia menjelaskan, pendidikan merupakan pembangunan dan investasi jangka panjang, sehingga tidak dapat dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah. Butuh peran aktif masyarakat, termasuk dunia swasta untuk membangun Maluku dari sisi pendidikan.

‘’Dan kemajuan pendidikan, salah satunya ditentukan oleh budaya membaca. Sebab, dengan membaca kita membuka  jendela segala informasi dan ilmu pengetahuan. Jadi, kalau masyarakat gemar membaca, Insya Allah menjadi masyarakat yang maju,’’ jelasnya.

Karenanya, program GMGM mestinya didukung oleh semua pihak.  Dengan begitu, tercipta sinergitas untuk memajukan pendidikan di daerah seribu pulau ini.
Walikota Padang,  Mahyeldi Ansharullah mengatakan, faktor penting dalam perkembangan pendidikan adalah membaca. Dengan menumbuhkan gairah masyarakat untuk membaca, maka pembanguan di bidang pendidikan akan sangat mungkin berhasil sesuai cita-cita bersama. ‘’Sebab, dengan membaca, masyarakat, terutama generasi muda dapat memahami banyak hal yang bermanfaat,’’ katanya.

Program GMGM merupakan program yang tepat. Apalagi dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat umum dan pelajar untuk menulis tentang pendidikan dan cerita rakyat. ‘’Berarti melalui GMGM, masyarakat diajak untuk menulis, masyarakat dipacu untuk terus mencintai budaya membaca, dari membaca yang baik  tentu menghasilkan tulisan yang baik juga,’’ tandasnya.

Dikatakan, program GMGM menjadi wujud tanggung jawab  harian Ambon Ekspres sebagai media massa untuk membantu pemerintah daerah  dalam mencerdaskan masyarakat. Bukan saja melalui  berita sehari-sehari. Tapi  lebih fokus pada program yang dikhususkan untuk pendidikan, yakni  GMGM.
‘’Dan media massa memang  punya peran yang strategis dalam rangka untuk menampilkan potensi yang ada di masyarakat, salah satunya  pendidikan. Sehingga apa yang dilakukan oleh harian Ambon Ekspres, yaitu GMGM, adalah langkah yang tepat untuk turut  mendukung upaya pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat,’’ ungkapnya.

Di kota Padang, pemerintah juga  mendorong hal yang sama. Menjadikan pembangunan dibidang pendidikan sebagai program yang diprioritaskan dengan memacu minat baca masyarakat melalui program-program yang mempermudah masyarakat untuk membaca. Salah satunya, melalui pameran buku.

‘’Kita di Kota Padang mendorong hal itu, karena kami ingin menjadikan Kota Padang sebagai Kota Buku. Dalam pekan ini, kami juga melaksanakan pameran buku. Karena melalui bukulah kita tahu banyak hal. Sehingga, program GMGM adalah salah satu program yang tepat, terutama untuk generasi muda,’’ jelasnya.

Wakil Walikota Serang,  H. Sulhi mengemukan, GMGM akan sangat membantu pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di Maluku.  Sebab, GMGM menjadi solusi untuk meningkatkan minat masyarakat dalam membaca dan menuangkan pikiran-pikiran cemerlang dalam bentuk tulisan.

‘’Dengan begitu, pendidikan di Maluku  juga akan semakin baik. Karena masyarakat sudah mencintai budaya baca dan menulis,’’ ungkapnya.

Sulhi mengatakan, dengan program GMGM masyarakat Maluku akan terbantu dan termotivasi untuk bersama pemerintah daerah, memajukan pendidikan di Maluku.

Pendidikan sulit maju dan berkembang bila hanya dilakukan oleh pemerintah. Butuh peran aktif masyarakat, termasuk media massa sebagai corong informasi yang efektif.

‘’Jadi menurut saya, program GMGM adalah program yang sangat baik demi pendidikan di Maluku. Semoga pendidikan di Maluku  terus maju dan makin berkualitas,’’ harapnya. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!