Budaya Jadi Penyumbang Peningkatan Wisata Daerah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Budaya Jadi Penyumbang Peningkatan Wisata Daerah

DIREKTUR Jenderal (Dirjen) Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementerian Pariwisata, Ahman Sya mengatakan, 60 persen penyumbang peningkatan daya tarik wisata daerah adalah melalui budaya. Selain itu, budaya merupakan modal dasar mempererat tali persaudaraan.

“Kekayaan alam dapat menyumbang 25 persen dan lima persen merupakan kontribusi dari barang-barang kerajinan,”ungkapnya, saat pembukaan Indonesia City Expo 2015, di Ambon.
Menurutnya, pengembangan wistaa di suatu daerah tidak hanya mengandalkan kekayaan alam. Tapi, dapat ditunjang lewat budaya yang menjadi penyumbang daya tarik bagi wisatawan.

“Serangkaian kegiatan yang digelar,mulai dari Rakernas APEKSI, ICE, pawai dan pentas budaya  dapat meningkatkan daya tarik wisata Kota Ambon,”ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, dari kunjungan wisatan dapat menimbul transaksi keuangan bagi para pelaku usaha di Ambon.

“Misalnya, peserta yang hadir minimal 70 orang dan setiap kontigen 50 orang, maka kurang lebih ada 3500 wisatawan nusantara yang hadir di Ambon. Dengan pengeluaran minimal Rp700 ribu, maka uang yang berputar sebesar Rp2 Miliar. Belum lagi jika jumlah wisatawan mancanegara lebih besar, tentu hal ini akan semakin meningkatkan  transaksi keuangan bagi para pelaku usaha di Ambon ,”paparnya.

Dia juga menambahkan, Slogan Pesona Indonesia atau Wonderfull Indonesia, harus digunakan seluruh destinasi wisata untuk memperkuat daya saing pariwisata Indonesia di dalam negeri dan di dunia Internasional.
“Saya berharap, para wali kota yang hadir saat ini dapat mengkonsep pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”harapnya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!