Tamu Apeksi Buru Batu Akik – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Tamu Apeksi Buru Batu Akik

Batu Seram Jadi Incaran

AMBON, AE—Kedatangan para tamu dari berbagai kota se-Indonesia, ternyata membawa keuntungan besar bagi para pedagang batu akik di Kota Ambon. Bukan saja pertokoan tempat penjualan asesoris yang dituju para tamu Apeksi ini.

Lokasi Lorong Lippo yang merupakan pertengahan antara Jalan AY Patty dan Jalan. Samratulangi juga dibanjiri para tamu yang datang berburu batu akik. Batu akik dari Pulau Seram menjadi salah satu primadona yang diburu.

Pantauan Ambon Ekspres, sejak awal Mei kemarin, lorong jahanam atau yang juga disapa lorong Rawa Becek 2 ini, sudah mulai didatangi para tamu yang hadir di Kota Ambon untuk menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) serta beberapa event-event nasional lainnya. Lokasi tersebut dibanjiri para pengunjung dari pagi hingga sore hari.

Dengan pelaksanaan event-event nasional seperti ini, pastinya akan membawa keuntungan tersendiri bagi para penjual atau pengusaha batu mulia. Karena pemasukan yang didapat saat ini, pastinya berlipat dari penghasilan-penghasilan sebelumnya. Bukan saja batu Khas Maluku Utara seperti Bacan (Doko) dan Obi, tetapi berbagai batu mulia asal Pulau Seram Maluku juga laris terjual.

Salah satu pedagang batu, Ongen (43) mengaku, penghasilan saat ini bisa mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. Dirinya berterima kasih terhadap Pemkot Ambon yang telah merancang sejumlah event-event nasional di kota yang bertajuk Manise ini. “Sebagai pedagang, kita berterima kasih terhadap pemerintah kota yang membantu kita lewat event-event ini. Karena rata-rata pemasukan kita bertambah, bahkan bisa dua kali lipat dari sebelumnya,” ungkap Ongen kepada Ambon Ekspres, Kamis (7/5).

Menurutnya, saat ini para tamu dari luar daerah sudah mulai tertarik dengan batu akik asal Pulau Seram. Puluhan batu bongkahan Pulau Seram maupun yang sudah dipoles banyak dibeli para tamu. Dan saat ini batu-batu akik tersebut sudah menjadi sorotan para tamu maupun penduduk lokal sendiri. “Banyak batu Pulau Seram yang laris karena memiliki corak yang indah,” jelasnya.

Lokasi yang sama, Bon (38) menambahkan, batu bongkahan yang dijualnya lebih dominan batu Pulau Seram dibandingkan Obi atau Bacan. Karena menurutnya, saat ini cukup sulit untuk mendapatkan batu Obi maupun Bacan yang langsung dikirim dari Maluku Utara (Ternate).

Dia menilai, batu akik asal Pulau Seram juga memiliki motif atau corak yang indah jika sudah dipoles dengan bersih. Dan lebih mudah mendapatkan batu akik Seram dibandingkan batu akik Obi, Bacan, maupun batu dari luar daerah lainnya.

“Saat ini kan kita lebih gampang mendapatkan batu Seram daripada batu Obi atau Bacan. Batu Seram juga memiliki Kristal yang kuat dan motifnya sangat bagus. Banyak motif yang bisa didapat. Jangan diliat bongkahan jelek lalu pikir batunya jelek. Tapi coba dipoles, pasti hasilnya memuaskan,” pesan Bon.(ISL)

Most Popular

To Top