Titaley Bidik Tiga Emas di PON Jabar – Ambon Ekspres
Olahraga

Titaley Bidik Tiga Emas di PON Jabar

Tergantung Hasil Pra PON

AMBON, AE.—Pengprov (Pengurus Provinsi)  Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) Maluku bergerak cepat dalam menyongsong PON 2016 di Jawa Barat.Para atlet terpilih sudah  menjalani pelatihan daerah (pelatda) di  Gedung Pertina, Karang Panjang Ambon.

Pelatih tinju Maluku, Agus Titaley mengatakan, ada 22  petinju dan enam pelatih yang dipanggil oleh Pertina untuk menjalani pelatihan periode Mei hingga babak kualifikasi PON dan PON.’’ Berkaca pada  PON  empat tahun lalu, Maluku mampu membawa pulang emas.Oleh karena itu, tekad kami pada PON Jabar nanti harus membawa pulang medali emas lagi,’’ tandas Titaley kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Untuk meraih target itu, kata Titaley, perlu perjuangan keras yang harus dimulai dari sekarang.Upaya tersebut antara lain dengan menggelar pelatda lebih awal.’’ Langkah yang diambil oleh KONI Maluku untuk menggelar Pelatda sudah tepat.Ini jadi modal awal untuk melihat kelemahan atlet,’’ ungkapnya.’’ Dukungan dari ketum Pertina Maluku (Sam Latuconsina), juga sangat luar biasa,’’ lanjutnya.

Titaley menilai, Pra PON yang akan bergulir beberapa bulan kedepan nanti, bakal menjadi pembuktian sahi bagi petinju Maluku untuk memberikan yang terbaik bagi daerah, sebab ajang berskala nasional itu akan diputar di rumah sendiri (Maluku).’’ Melihat hasil pembinaan di daerah maupun sasana-sasana di Maluku, sebenarnya cukup banyak tersedia bibit-bibit potensial.Ini jadi sinyal baik bagi Maluku untuk meraih tiket PON,’’ nilai dia.

Pria berkumis ini memberikan harapannya kepada beberapa petinju andalan Maluku, sebut saja David Isikiwar (kelas 81 kg), Ester Kalayuki (kelas 54 kg), Ralin Lumoli (kelas 56 kg) hingga Lodwik Batlajeri yang bermain di kelas 69 kg, agar bisa fokus saat latihan maupun saat turun di laga yang sesungguhnya.’’ Peluang emas di PON bisa diraih oleh nama pertama hingga ketiga,’’ tutupnya memprediksi.

PROMOSI-DEGRADASI
Pelatda ini merupakan pengembangan dari program Pembinaan Maluku Prestasi KONI Maluku.Cabang tinju sendiri  mendapat jatah 22  atlet dan enam yang mendapatkan insentif dari KONI untuk PON mendatang.
Ketua Satgas Pelatda Maluku Prestasi, Albert Fenanlampir menegaskan, dalam pelatda ini akan diberlakukan sistem promosi-degradasi.

Tes awal yang harus dilalui para petinju adalah mengikuti tes fisik, teknik dan mental oleh tim satgas KONI Maluku.’’ Apabila atlet yang penampilannya kurang meyakinkan akan diganti oleh  lain yang mampu menunjukkan perfoma bagus dan pergantiannya tergantung penilaian pelatih masing-masing cabor ditambah dengan masukan dari tim Satgas,’’ tegasnya.’’ Sistem itu (promosi-degradasi) tetap dipertahankan,’’ lanjutnya.

Fenanlampir menambahkan, untuk meraih target ini pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan semua  atlet terbaik Maluku.’’ Meski persaingan berat, kami sangat serius untuk mempersiapkan atlet.Yang jelas kamu sangat intensif memantau perkembangan atlet,’’ tutup Fenanlampir.(ZAL)

Most Popular

To Top