PKB-PKPI Resmi Usung Sitti – Ambon Ekspres
Trending

PKB-PKPI Resmi Usung Sitti

AMBON, AE— Partai Kebangkitan Bangsa dan PKPI resmi memberi dukungan terhadap pencalonan Sitti Umariyah Suruwaky- Syaifuddin Goo alias Ongen, sebagai calon bupati dan wakil bupati Seram Bagian Timur. Sementara Abdullah Vanath digadang menjadi ketua tim pemenangan pasangan ini.

Ketua PKB Maluku, Basri Damis membenarkan rekomendasi kepada Sitti-Ongen. Kata dia, itu sudah menjadi keputusan DPP PKB, dengan pertimbangan peluang kemenangan dan pengalaman dalam pemerintahan. “Semua kader PKB diharapkan untuk mendukung penuh keputusan DPP,” kata dia ketika menghubungi Ambon Ekspres malam tadi. Sebelumnya, PKPI sudah lebih memberikan dukungan kepada pasangan Sitti-Ongen. PKPI memiliki tiga kursi di DPRD SBT, sementara PKB memiliko dua kursi. “Memang sampai saat ini, baru peroleh rekomendasi PKPI. Tapi kami optimis, partai politik yang lain juga akan memberikan kepercayaan kepada Ibu Sitti,” ungkap Manan Rahawarin, salah satu tim pemenangan Sitti Suruwaky-Syaifudin Goo, Jumat (8/5), sebelum turunnya rekomendasi PKB.Selain PKPI, pasangan balon Sitti-Ongen juga mendaftar di sejumlah partai politik lain.

Diantaranya, PDIP, Nasdem, dan PPP. Saat ini, kata Rahawarin, pihaknya hanya menanti keputusan partai-partai yang telah menerima berkas pendafatran Sitti-Ongen.

“Disamping pendaftaran, tentu kami juga melakukan lobi-lobi dengan pimpinan partai. meyakinkan bahwa peluang kemenangan Ibu dan Pak Ongen sangat besar,” katanya.

“Kami sementara konsolidasi. Dari hasil konsolidasi selama ini, kami optimis, Ibu Sitti dan Pak Ongen bisa unggul dalam pilkada nanti. Apalagi, kami lihat dukungan kepada pasangan ini semakin menunjukan peningkatan,” ungkapnya.

Menurut dia, tingginya keterpilihan Sitti-Ongen, karena makin dewasanya masyarakat dalam berdemokrasi dan berpolitik. “Dalam 10 tahun menjadi wakil bupati, Ibu Sitti sudah dikenal oleh masyarakt kabupaten SBT. Kemudian didukung oleh hasil pembangunan selama ini yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Menyinggung informasi tentang keberpihakan Bupati kabupaten SBT, Abdulah Vanath kepada Sitti dan Ongen dalam pilkada, Rahawarin menegaskan, orang nomor satu di kabupaten SBT itu akan didaulat sebagai ketua tim pemenangan Siti-Ongen. Namun, itu baru dipastikan setelah masa jabatan Abdullah Vanath dan Sitti Umariyah Suruwaky berakhir pada September nanti.

“Dengan begitu, akan semakin membuka peluang kemenangan bagi Ibu Sitti dan Pak Ongen. Dan kami targetkan, peroleh suara diatas 50 persen di setiap kecamatan. Sehingga, kami juga berharap partai-partai yang lain bisa memberikan dukungan yang sama,” tandasnya.

Bakal calon wakil bupati, Syaifudin Goo yang dihubungi, belum bersedia untuk menjelaskan perkembangan persiapan dirinya bersama Sitti Umariyah Suruwaky menuju perhelatan pilkada nanti. Termasuk tentang rekomendasi dari partai lainnya. “Saya sibuk. Jadi lain waktu saja,” singkatnya via selulernya.

Pengamat politik Unversitas Pattimura (Unpatti) Mohtar Nepa-Nepa mengemukakan, keberhasilan pembangunan menjadi isu yang dapat digunakan untuk membuka peluang kemenangan pasangan Sitti Umariyah Suruwaky-Syaifudin Goo.

Namun, dia mengingatkan, bahwa pada saat yang sama, indikator ini akan menjadi hambatan bagi Sitti-Ongen, sebab pola pikir masyarakat yang makin kritis melihat hasil pembangunan di Kabupaten SBT dalam sepuluh tahun terakhir.

“Saya kira semua tim sukes akan mengklaim soal kemenangan. Tapi prilaku pemilih akan ditentukan oleh banyak faktor. Misalnya isu kesejahteraan dan kemiskinan masyarakat, lalu pembangunan infrastruktur di sana,” ungkapnya.

Isu hasil pembangunan, akan membuat masyarakat berfikir dua kali untuk menjatuhkan pilihan pada Sitti-Ongen. Ini akan berbeda bila Abdullah Vanath yang kembali mencalonkan diri. Sebab, masyarakat akan menilai hasil pembangunan sebagai hasil kerja Abdullah Vanath.

“Jika trend berpikir masyarakat SBT sudah kritis, saya yakin banyak masyarakat akan memilih pemimpin yang baru. Artinya bahwa klaim tim Sitti yang tetap optimis menang itu sah-sah saja, tapi perlu diingat track record Sitti bersama Abdullah Vanath akan terbaca oleh masyarakat di sana. Keberhasilan pembangunan yang dicapai selama ini berkat gagasan Vanath mudah diingat masyarakat,” pungkas dia.
(MAN)

Most Popular

To Top