Maluku Dapat Jatah Pembangunan Pasar dan Gudang – Ambon Ekspres
Amboina

Maluku Dapat Jatah Pembangunan Pasar dan Gudang

AMBON, AE.—Kementerian Perdagangan RI telah menginstruksikan kepada semua bupati dan walikota  se-Maluku,untuk mengusulkan rencana pembangunan pasar dan gudang di daerah masing-masing.

Dengan dibangunnya pasar dan gudang pada 11 kabupaten dan kota di Maluku, kebutuhan masyarakat petani akan terpenuhi dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

“Maluku termasuk daerah pulau-pulau, maka harus ada ketersediaan, gudang dan pasar untuk menyimpan stok sembako guna mengatasi krisis pangan, ”demikian disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Bustaman Ohorella, kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, Senin(11/5).

Pembangunan gudang ini juga, tambah Ohorella, akan berfungsi menampung hasil pertanian (padi sawah) pada daerah-daerah sentra produksi padi seperti Kabupaten Buru, SBB, Maluku Tengah dan SBT.
“Instruksi Menteri Perdagangan tersebut, sudah disampaikan  kepada seluruh bupati  dan walikota se-Maluku, melalui Diperindag Maluku,”tambah dia.

Instruksi menteri berdasarkan usulan dari Disperindag Maluku untuk membangun gudang Buffer Stoc atau bukan Resi Gudang di seluruh kabupaten/kota di Maluku. Dan akan dibangun tahun 2016 mendatang.
Selanjutnya kata Ohorella, melalui dana APBD Provinsi Maluku tahun 2015 akan dibangun gudang di Buru nilainya Rp1,8 Milyar dan Maluku Tengah (Malteng) Rp1,342 Milyar.    “Untuk gudang di Malteng sudah dilakukan identifikasi lahan,”ujarnya.

Sedangkan untuk pembangunan pasar di Maluku, paparnya, ada di beberapa kabupaten, yakni di Buru Selatan (Bursel) nilainya Rp2,7 Milyar. Maluku Barat Daya (MBD) sebesar Rp4,19 Milyar, dan pasar apung di Maluku Tenggara (Malra) Rp350 juta.

“Dana pembangunan pasar di MBD ini, merupakan pembagunan lanjutan dari Pasar Tiakur. Maka, dalam tahun 2015 ini pembangunan Pasar Tiakur di Kabupaten MBD yang dibangun tahun 2012 lalu, akan segera diselesaikan dengan APBD I sebesar Rp.4.192.484.000,”paparnya.(IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!