Tak Dilibatkan, Hanura MBD Pertimbangkan Hasanussy – Ambon Ekspres
Politik

Tak Dilibatkan, Hanura MBD Pertimbangkan Hasanussy

Soal Pilkada MBD dan Musda Hanura Maluku

AMBON ,AE— Partai Hanura MBD mengaku tidak pernah dilibatkan oleh DPD Hanura Maluku dalam pengusulan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati ke DPP Hanura. Padahal, Peraturan Organisasi atau PO Pilkada kabupaten/kota gawenya dewan pimpinan cabang. Karenanya, mereka mempertimbangkan untuk mendukung kembali Ketua DPD Hanura Maluku, Ayu Hasanussy saat Musda.]

Sekretaris DPC MBD, Salmon Norimarna mengatakan, awalnya mereka diarahkan oleh DPD Hanura Maluku untuk melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah sesuai juklak.”Itu arahan ibu Ketua DPD Hanura Maluku. Nah, kita buka penjaringan sesuai juklak. Hanya saja, proses Pilkada di internal Hanura memasuki tahapan survey, kita tidak pernah dilibatkan. Padahal, Pilkada MBD itu gawenya kita (DPC),” kata Norimarna kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Ironisnya, kesal dia, tim penjaringan Pilkada DPD Hanura Maluku bersama Hasanussy, secara diam-diam dan tanpa sepengetahuan mereka berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung.”Jadi keberangkatan tim penjaringan tanpa ketahuan kami. Kami juga pertanyakan tim penjaringan yang mengusulkan balon ke DPP atas indikator apa. Padahal, DPC sudah memiliki indikator balon yang diusung tapi tidak dilibatkan atau tidak digubris,” kesalnya.

Padahal, beber dia, pihaknya baru saja mendapat Peraturan Organisasi PO nomor : PO/03/DPP-Hanura/IV/2015 tentang prosedur dan mekanisme penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah.”PO itu anjurkan dan tegaskan untuk dijadikan pedoman jajaran Hanura di seluruh Indonesia untuk dipakai dalam proses balon kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan tujuan menangkan Pilkada sesuai target DPP hanura,” terangnya.

Karenanya, Norimarna menegaskan, hingga saat ini belum ada rekomendasi Hanura kepada balon Bupati dan Wakil Bupati tertentu. Kita akan tindaklanjuti sesuai PO. Tim penjaringan Hanura MBD tetap melanjutkan proses sesuai PO bab 5 dan bab 9. Apalagi, beberapa PAC menyalahkan DPC karena figur yang diiginkan tidak dilanjutkan ke DPP. PAC-PAC Hanura di MBD dalam waktu dekat akan memberikan dukungan kepada balon Bupati tertentu. Nah, dukungan itu kita akan sampaikan kepada DPP untuk mendapat rekomendasi. Figur yang diiginkan memiliki elektabilitas tinggi dan berpeluang menangkan Pilkada MBD,”paparnya.

Disisi lain, soal pelaksanaan musyawarah daerah DPD Hanura Maluku, siapa kader terbaik hanura yang akan dipilih, Norimarna menambahkan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk mendukung balon Ketua DPD Hanura Maluku, 5 tahun kedepan. ”Kita akan lihat kembali. Ternyata ibu Hasanussy calon kembali, atau ada figur lain baru yang muncul, kita akan lihat dan nilai secara objektif,”kata Norimarna.(JOS)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!