Warning Bupati Soal Pengelolaan Dana Desa – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Warning Bupati Soal Pengelolaan Dana Desa

Masohi, AE.—Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua tidak  tidak henti-hentinya mengingatkan  jajaran Pemerintah negeri  untuk  mengelola dana desa secara baik dan tertanggungjawab.

Selalu pula digaris bawahi bahwa optimalisasi pengelolaan dana desa hanya bisa diwujudkan melalui transparansi penggunaan anggaran. Penegasan yang sama kembali diserukan Bupati saat melantik  Raja Negeri Booy Rafael Pattiasina akhir pecan kemarin.

Sama dengan penyampaian pada saat itu, dalam  kunjungan dan pertemuan langsung dengan kepala-kepala pemerintah negeri di Kabupaten Maluku Tengah, persoalan pengolaan dana ADD selalu diingatkan bupati. “Tidak lama lagi  Dana Desa sudah bisa dinikmati di tingkat Negeri. Manfaatkan dana ini dengan baik. Kedepankan Transparansi dalam pengelolaannya, ” seru bupati.

Bukan untuk menakit-nakuti,  kesalahan pengelolaan anggaran baik karena tidak disengaja karena ketidak tahuan maupun karena kesengajaan oknum-oknum ingat bupati, dapat berimplikasi hukum. “Kesalahan pengelolaan dana desa  bisa langsung berhadapan dengan hukum karena pengelolaannya diawasi langsung oleh lembaga hukum. Apalagi bila ada unsur kesengajaan,” singgung  bupati.

Penggunaan dana desa  jelas bupati,  mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015,  tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa dimana anggaran ini  diprioriaskan untuk  membiayai belanja pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.  “Mekanisme penggunaan anggaran  dana Desa  harus merupakan hasil keputusan bulat melalui rapat,” pungkas bupati. (MYX)

Most Popular

To Top