Apeksi Bawa Keuntungan Bagi Kota Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Apeksi Bawa Keuntungan Bagi Kota Ambon

AMBON, AE.—DPRD Kota Ambon memberikan apresiasi kepada Pemkot Ambon dan seluruh masyarakat di kota ini karena telah bersama-sama telah menyukseskan kegiatan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Kegiatan Apeksi dan dan Indonesia City Expo (ICE) telah membawa keuntungan bagi Kota Ambon.

“Selaku wakil rakyat, saya memberikan apresiasi kepada pemerintah sekaligus seluruh masyarakat serta ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat secara umum. Karena telah menjaga situasi keamanan, kebersihan serta keramahan selama penyelenggaraan Apeksi dan ICE yang dilaksanakan di Ambon dalam Program Mangente Ambon,” ungkap anggota Komisi I DPRD Ambon Zeth Pormes ketika menghubungi Ambon Ekspres, kemarin.

Dirinya menilai, masyarakat perlu diberikan apresiasi positif terhadap rasa kepedulian yang telah ditunjukan kepada seluruh tamu yang datang ke kota bertajuk “Manise” ini. Para peserta ini telah meninggalkan kesan yang luar biasa terhadap kota ini. “Semoga kedepan, situasi yang harmonis ini bisa terpelihara selama-lamanya dalam pembangunan Kota Ambon.

Apalagi, kita akan masuk dalam bulan Ramadhan dan Idul Fitri dan event-event nasional seperti Pesparawi Nasional serta puncak acara Mangente Ambon pada September mendatang,” jelasnya.
Politisi Partai Golkar ini menilai, Apeksi maupun ICE yang sukses di Kota Ambon ini juga karena kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang telah hadir untuk membuka rakernas sekaligus Grand Launching Mangente Ambon 2015. ‘’Suksesnya event ini, menunjukan Kota Ambon telah memiliki sebuah kemajuan yang luar biasa.

Karena ada perhatian khusus yang diberikan oleh pemerintah yakni Presiden Jokowi yang akan menyumbangkan Rp 100 miliar bagi seluruh kota se-Indonesia termasuk Kota Ambon. Kita berharap, melalui pertemuan ini bisa mewujudkan Ambon sebagai City of Conference. Agar lewat pertemuan ini, semua orang akan datang ke Ambon dan melihat Ambon telah damai, banyak yang berinvestasi, bahkan akan meningkatkan PAD dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Pormes menyinggung soal pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kota Ambon atas suksesnya Apeksi 6-10 Mei 2015. Banyak keuntungan maupun pemasukan dari segi pajak atau retribusi serta adanya transaksi keuangan yang membawa dampak positif bagi pembangunan kota dari berbagai sektor.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Ambon Rustam Latupono menambahkan, seluruh rumah makan, restoran, hotel dan rumah kopi yang ada di Kota Ambon diisi penuh para tamu atau rombongan Apeksi yang sudah datang sebelum acara berlangsung. Hal ini membawa pemasukan yakni pajak retribusi bagi Kota Ambon. “Jika dilihat, memang mereka ini membawa pemasukan yakni pajak restoran maupun hiburan dan sebagainya. Belum lagi jasa becak maupun angkot yang digunakan.

Maka secara tidak langsung sudah meningkatkan PAD bagi daerah,” tandasnya.
Latupono berharap, kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi Kota Ambon kedepan. Karena adanya transaksi keuangan pada pelaksanaan Apeksi maupun ICE memberikan dampak positif terhadap pembangunan Kota Ambon dari berbagai sektor.

“Yang jelas, suksesnya Apeksi berdampak bahwa Ambon merupakan kota yang aman untuk dikunjungi. Kegiatan ini juga memberi kontribusi positif bagi pengembangan dan pembangunan kota kedepan,” pungkas dia. (ISL)

Most Popular

To Top