Begini Cara Mencegah Batu Ginjal – Ambon Ekspres
Kesehatan

Begini Cara Mencegah Batu Ginjal

Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit batu ginjal. Pasalnya, batu ginjal sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika batu ginjal membesar dan terjebak di saluran kemih, hal itu bisa menyebabkan sakit parah, membatasi aliran urin dan berpotensi menyebabkan infeksi, Berikut tips mencegah batu ginjal

1. Tetap terhidrasi
“Penyebab terbesar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Mineral dari makanan yang kita makan, seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, mengkristal ketika tidak ada cukup cairan dalam tubuh untuk mencairkan mereka,” kata direktur endourologi, Dr. Julio Davalos, seperti dilansir laman Fox News, Senin (11/5).

Pasien dengan riwayat batu ginjal perlu mengonsumsi sekitar tiga liter cairan setiap harinya, sebaiknya air putih. Urine yang berwarna gelap merupakan tanda dehidrasi dan pasien yang sehat menghasilkan sekitar setengah galon urin setiap hari.

2. Mengurangi garam
Diet tinggi natrium bisa memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin Anda. Jika Anda memiliki sejarah batu ginjal, sebaiknya menjaga asupan natrium kurang dari 1.500 mg per hari dengan menghilangkan makanan olahan dan menghindari menggunakan garam meja saat makan.

3. Kalsium
Davalos mengatakan, salah satu mitos terbesar tentang batu ginjal adalah terlalu banyak susu, seperti susu, keju dan es krim. Meskipun sebagian besar batu ginjal disebabkan oleh kalsium, Anda tidak harus menghilangkan kalsium dari diet.

Menurut rekomendasi dari National Institutes of Health, orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 1.000 sampai 1.300 mg kalsium per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, dokter mungkin merekomendasikan asupan kalsium hanya sekitar 800 mg.

4. Protein
Makan diet tinggi protein hewani seperti daging merah, unggas dan telur bisa meningkatkan tingkat asam urat dalam tubuh, yang telah terbukti bisa menyebabkan batu ginjal. Makanan ini juga mengurangi sitrat, zat kimia dalam urin yang membantu mencegah batu dari pembentukan. (fny/jpnn)

Most Popular

To Top