GMGM Harus Mendapat Dukungan Penuh – Ambon Ekspres
Pendidikan

GMGM Harus Mendapat Dukungan Penuh

Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) harus mendapat dukungan dari semua kalangan, termasuk lembaga pemerintah maupun swasta, termasuk badan usaha melik negara atau daerah. Demikian ungkap Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Hans Matakupan.

Salah satu yang paling penting, kata Matakupan, adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mengapa demikian? karena keberadaan PLN ditengah masyarakat sangat penting dalam fungsi penerangan.

Untuk itu, dia berharap, PLN harus dapat menjalankan fungsi dengan baik ditengah masyarakat dalam bentuk pelayanan maksimal. Tapi sayangnya, pelayanan maksimal tersebut kadang tidak berjalan dengan baik.
Misalnya saja, katanya, di Kota Ambon sering terjadi pemadaman listrik. “Akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman listrik pada kawasan terttentu. Jadi saya mau tanya, apakah PLN dukung program GMGM atau tidak?” ujar Matakupan.

Padahal penerangan sangat penting bagi masyarakat, terutama pelajar dan mahaiswa. Karena kalau terjadi pemadaman listrik, pelajar tidak dapat belajar dengan baik, khususnya membaca dirumah.
Membaca dirumah, lanjutnya, sering dilakukan pelajar pada malam hari ini atau subuh. “Kalau mati lampu, bagaimana anak-anakbisa belajar. Ini kan mengganggu,” terangnya.

Sehingga dia menghimbau agar PLN dapat mendukung penuh program GMGM yang dimotori Koran Ambon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku. “Kalau lampu menyala dengan stabil, maka program GMGM akan berjalan dengan baik,” tandasnya. (ADI)

Most Popular

To Top