Lagi, Bupati Jadi Garda Pemekaran Leihitu – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Lagi, Bupati Jadi Garda Pemekaran Leihitu

MASOHI, AE.—Bupati Tuasikal Abua kembali mencetus menjadi orang pertama atau sebagai garda terdepan pemekaran daerah otonomi baru(DOB) di Kabupaten Maluku Tengah. Hal tersebut disampaikan bupati ketika melantik Upulatu Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, kemarin, Senin,(10/5).

Orang nomor satu di Kabupaten bertajuk Pamahanunusa itu menandaskan, pemekaran merupakan suatu keharusan dan kebutuhan masyarakat saat ini seiring dengan perubahan sistem negara. “Saya menjadi garda terdepan pemekaran karena pemekaran itu kebutuhan,” cetusnya dihadapan ribuan undangan warga yang menghadiri prosesi pengambilan sumpah.

Olehnya itu, tidak benar kalau ada yang mewacanakan bahwa pemerintah Kabupaten Maluku Tengah tidak menghendaki adanya pemekaran daerah otonomi baru. “DOB adalah jalan keluar menuju kesejahteraan masyarakat di wilayah itu, sehingga pemkab sangat mendukung dan mendorong masyarakat menuju kesejahteraan,” sebut bupati disambut tepuk tangan.

Namun demikian, disisi lain pemkab kata bupati tidak serta merta menabrak setiap syarat yang diatur dalam perundang-undangan utamanya adalah Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2008 tentang Kecamatan yang mengatur aspek administrasi, usia pemerintahan dan teknis kewilayaan. “Kalau toh semua telah memenuhi pemkab akan mekarkan sebagai daerahh otonomi baru,” katanya.

BACA JUGA:  Lagi, Pemuda Setubuhi ABG

Penyampaian terkait hal tersebut telah disampaikan bupati di beberapa wilayah termasuk di Seram Utara. Intinya, pemkab sangat mendukung dan mendorong pemekaran sepanjang memenuhi semua syarat yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. (ANC)

Most Popular

To Top