2 Orang Dibacok, Saat Obor Pattimura – Ambon Ekspres
Trending

2 Orang Dibacok, Saat Obor Pattimura

Ambon, AE— Peristiwa hitam saat perayaan obor Pattimura kembali terjadi, kemarin. Kali ini bukan di Kota Ambon, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, menjadi titik apinya. Dua orang dilaporkan mengalami luka bacok. Kondisi sempat tegang, sebelum akhirnya diamankan oleh aparat keamanan.

Informasi yang diterima Ambon Ekspres tadi malam, menyebutkan insiden bermula pada pukul 17.30 WIT. Berawal dari aksi pembacokan yg dilakukan salah seorang penari Cakalele, yang diduga berasal dari Negeri Tuhaha. Dia membacok Gerry Parinussa (21) warga Siri Sori Amalatu.

Gerry yang berprofesi sebagai tukang ojek ini, ikut dalam iring-iringan kendaraan mengiringi pelari obor Pattimura. Dia dibacok dari belakang, tanpa diketahui. Pelaku langsung melarikan diri. “Korban dilarikan aparat keamanan ke RSU Saparua,” ungkap sumber koran ini, kemarin.

Aksi pembacokan ini sampai ke telinga masyarakat Siri Sori Amalatu. Kondisi keamanan sempat tegang. Namun tak berlangsung lama. Prosesi adat Obor Pattimura tetap berjalan. “Semuanya kembali normal,” kata sumber ini.

Selang beberapa menit kemudian atau sekira pukul 17.50 WIT, terjadi lagi pembacokan kedua kalinya. Kali ini korban bernama Andarias Kesaulija (38) juga warga Siri Sori Amalatu.

Dia ditebas saat penyerahan obor Pattimura kepada Raja Negeri Sirisori Amalatu utk diserahkn kepada tua-tua adat masyarakat Negeri Saparua.

Gerry Parinussa sendiri mengalami luka bacok sepanjang 8 sentimeter, dengan kedalaman luka mencapai 4 sentimeter. Korban sementara dirawat di RSU Saparua. “Untuk pelaku pembacokan belum diketahui, karena korban dibacok dari belakang dan dalam situasi mengendarai sepeda motor,” ungkap sumber lainnya.

Sementara Andarias Kesaulija mengalami luka bacok di kepala sepanjangan 5 sentimeter, kedalaman luka 1.5 sentimeter. Dia juga dirawat di RSU Saparua. “Pelaku juga belum diketahui,” kata sumber ini.

Salah seorang penari cakalele dari Negeri Tuhaha, Hermanus Pattipeluhu (29) sementara diamankan di Mapolsek Saparua. Dia diduga sebagai pemicu dan provokator pada saat terjadi kosentrasi massa. (AHA)

Most Popular

To Top