Ekonomi Konsumen di Maluku Meningkat – Ambon Ekspres
Amboina

Ekonomi Konsumen di Maluku Meningkat

AMBON, AE.—Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Diah Utami, mengatakan, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui Survei Tendensi Konsumen (STK).

Dijelaskan, ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang. Perkiraaan pada triwulan mendatang tersebut dilakukan oleh responden (konsumen) dengan cara mengisi kuesioner survei tendensi konsumen yang disediakan oleh BPS.

“ITK Provinsi Maluku pada triwulan I-2015 sebesar 102,18. Artinya, terjadi peningkatan kondisi ekonomi pada triwulan I-2015. Namun, dengan tingkat optimisme konsumen lebih rendah dibandingkan dengan kondisi triwulan IV-2014 (Indeks sebesar 102,23),”ungkapnya.

Bila dilihat ITK triwulan I-2013 sampai dengan triwulan I-2015 , katanya,  maka dapat dijelaskan bahwa kondisi ekonomi konsumen terus mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan triwulanan sebelumnya dalam kurun waktu tersebut, meskipun tingkat optimisme mengalami perubahan tiap triwulan.

“Kondisi ekonomi konsumen di Maluku semakin meningkat. Sehingga, Ekonomi Konsumen Triwulan II atau Nilai ITK Provinsi Maluku pada triwulan II-2015 diperkirakan sebesar 115,49.

Ini berarti kondisi ekonomi konsumen diperkirakan masih membaik pada triwulan II-2015 dengan tingkat optimisme yang juga meningkat,”paparnya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!