Kota Ambon Masa Lalu – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kota Ambon Masa Lalu

SEJARAH Kota Ambon dimulai pada saat kedatangan orang-orang Portugis membangun benteng di pulau ini sebagai tempat beraktivitas dalam perdagangan dan penyebaran agama.

Pendirian Kota Ambon berawal dari orang-orang Portugis, yang saat itu sedang berada dalam konflik politik dengan para penguasa kesultanan Ternate dan umat Islam di pantai utara Hitu. Orang-orang Portugis pertama yang pernah mendarat di Ambon adalah Francisco Serrao bersama delapan orang anak buah kapalnya pada tahun 1512.

Kapal mereka karam dicelah Nusa Penyu dan terdampar di Nusa Telu (pulau tiga) di depan Negeri Asilulu ujung barat Hitu. Mereka diterima oleh Raja Negeri Hitu Meseng.

Menurut Rumphius dan Valentijn, mereka diberikan tempat tinggal di dekat sungai Pikapoli yang berada di selatan Negeri Mamala.

Selama beberapa tahun mereka tinggal ditempat itu, namun penduduk Hitu yang beragama Islam menolak menerima orang Portugis karena dua alasan yaitu : pertama tindakan mereka yang tidak sopan dan kasar terhadap penduduk. Kedua adalah karena keterikatan mereka dengan agama Kristen yang berbarengan dengan agama Islam yang telah dianut oleh penduduk di daerah Hitu dan sekitarnya. (BPNB AMBON)

Most Popular

To Top