Minim, Pengadaan Buku di Perpustakaan Ambon – Ambon Ekspres
Pendidikan

Minim, Pengadaan Buku di Perpustakaan Ambon

Kepala Kantor Perpustakaan Kota Ambon Mathias Lekatompessy mengakui, pengadaan buku bagi perpustakaan Kota Ambon dinilai sangat minim, karena pengusulan anggaran dari tahun ke tahun merata.

‘’Kami selalu mengusulkan Rp. 100 juta setiap tahun untuk mengejar standar sebuah perpustakaan yang harus mencapai 5.000 judul buku, namun terkait kebijakan anggaran yang telah diatur sehingga berpengaruh terhadap pengadaan buku yang tidak mencapai jumlah sesuai perencanaan karena pengurangan yang harus dilakukan oleh semua SKPD termasuk perpustakaan,’’ akuinya, kemarin.

Diakui, untuk pengadaan buku bagi kelurahan dan desa diatur oleh pusat melalui perpustakaan provinsi jadi ada bantuan buku yang pusat yang diberikan  ke desa dan kelurahan.

Meski begitu, untuk mengantisipasi ketertinggalan, pihaknya mengoperasikan perpustakaan keliling, karena merupakan sebuah bentuk pelayanan publik yang mengakomodasi peminat baca yang tidak sempat datang berkunjung ke Perpustakaan Kota Ambon.

Perpustakaan keliling melakukan kunjungan kepada desa-desa yang ada di Kota Ambon, dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat untuk mendorong minat baca masyarakat yang ada di pedesaan. ‘’Menggingat jarak tempuh dari desa ke desa di Kota Ambon cukup jauh, makanya dilakukan kunjungan dengan melakukan perpustakaan keliling,’’ katanya.(PRO2)

Most Popular

To Top