Bupati Resmikan Masjid Nurul Iman Waepure – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Resmikan Masjid Nurul Iman Waepure

Bupati Buru Ramly Umasugi pekan lalu meresmikan Masjid Nuru Iman, Desa Waepure, Kecamatan Airbuaya. Peresmian masjid ini diawali dengan pemasangan kepala/bulan bintang masjid.

Proses peresmian Masjid Nurul Iman ini berlangsung penuh khidmat dan dihadiri ribuan warga. Kepala atau bulan bintang masjid sebelum dipasang terlebih dahulu diarak oleh masyarakat keliling desa mulai dari Masjid Tua Nurul Huda menuju masjid Nurul Iman dengan lantunan salawat.

Di masjid Nurul Iman para tokoh agama dan adat serta kepala tukang selanjutnya menerima kepala atau bintang bulan masjid untuk selanjutnya dilakukan pembacaan doa. Setelah pembacaan doa kepala masjid langsung dibawa ke bagian kubah masjid untuk dipasangkan. Ada enam kepala kubah, yakni kubah utama, kubah teras, dan 4 kubah sudut. Bupati dipersilahkan untuk memasang kubah tersebut.

Setelah prosesi pemasangan kepala kubah masjid, acara dilanjutkan dengan pengresmian oleh Bupati dengan penandatanganan prasasti.

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan, untuk kedepannya masjid tidak hanya ramai dikunjungi saat acara-acara keagamaan tapi hendaknya setiap waktu shalat harus dimakmurkan dan diramaikan dengan shalat berjamaah.

Bupati mengharapkan agar masjid ini selain digunakan untuk shalat juga dapat digunakan sebagai pusat belajar dan diskusi kajian tentang agama. “Siar Islam dan kegiatan keagamaan tentunya bertujuan untuk menangkal berbagai pengaruh buruk perkembangan komunikasi dan telekomunikasi saat ini bagi generasi muda kita, serta pengaruh narkoba dan sebagainya,” ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten Buru, kata Bupati, bekerjasama dengan Kementrian Agama bersama DPRD Kabupaten Buru akan mengeluarkan peraturan daerah tentang kegiatan Gerakan Magrib dan Mengaji ke seluruh wilayah Kabupaten Buru. Program ini akan dilaunching dengan kegiatan mengaji anak sebanyak 2.000 orang dalam waktu dekat ini.
“Jadi kepada seluruh anak di Buru nantinya sudah harus wajib mengaji sebagai syarat untuk masuk ke jenjang pendidikan formal,” tandasnya.

Bupati menambahkan, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk membina anak-anak sejak dini untuk diberikan pengajaran baca Quran dan pendidikan agama.

Sekedar tahu, peresmian masjid Nurul Iman dirangkai dengan pemberian bantuan sosial dan pendidikan bagi masyarakat dan siswa, serta penanaman pohon disekitar pelataran masjid.

Turut hadir pada acara peresmian saat itu, Mantan Bupati Buru Husnie Hentihu, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Buru, para kepala SKPD lingkup Pemkab Buru, wakil raja Leisela, Camat dan Muspika Kecamatan Airbuaya dan Fena Liesela. (CR8)

Most Popular

To Top